355 Calon Kades di Lampung Utara Tanda Tangani Deklarasi Pilkades Damai

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com


Bupati Agung Ilmu Mangkunegara (keempat dari kiri) beserta unsur Forkopimda melepaskan burung merpati dalam deklarasi damai Pilkades di halaman Mapolres Lampung Utara, Selasa (10/11/2015).

Kotabumi–Sebanyak 355 Calon Kepala Desa yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak menandatangani deklarasi damai Pilkades di halaman Mapolres Lampung Utara, di Kotabumi, Selasa (10/11) sekitar pukul 14:00 WIB. Ke-355 calon kades dari118 desa itu akan bersaing dalam Pilkades serentak di Lampung Utara yang akan digelar pada 19 November mendatang.

Usai penandatanganan deklarasi damai tersebut, Bupati Lampung  Utara Agung Ilmu Mangkunegara meminta seluruh calon kades yang akan bertarung di desa mereka masing – masing untuk menaati aturan dalam Pilkades.

“Dengan begitu,  situasi kondusif di desa-desa yang akan menghelat Pilkades akan tetap terjaga.Saya minta kepada seluruh calonkades yang akan bertarung dalam Pilkades untuk menaati aturan main. Tunjukan bahwa Kabupaten kita ini bisa menjadi penyelenggara Pilkades yang baik,” kata dia.

Agung juga menegaskan bahwa setiap peserta Pilkades untuk menjunjung tinggi semangat sportifitas dan tetap berjiwa besar usai Pilkades meski hasilnya tak sesuai dengan harapan. Sebab, sejatinya, dalam sbuah ‘pertarungan’ hanya akan ada seorang pemenang.

“Tetap legowo meski hasilnya nanti tak sesuai harapan. Kalau siap menang, kita juga harus siap kalah. Kalau tidak, lebih baik enggak usah bertarung,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kapolres AKBP. Dedy Supriyadi mengimbau kepada seluruh untuk mematuhi isi kesepakatan dalam deklarasi damai yang telah ditandatangani. Sebab, kesepakatan ini akan menjadi pintu masuk pihaknya untuk ‘mengamankan’ mereka yang kedapatan melanggar kesepakatan dalam Pilkades.

“Tandatangan ini akan saya simpan di lemari saya. Kalau ada ribut – ribut atau kekacauan, saya sumpah tanda tangan ini akan sampai ke Kejari kalau kalian melawan hukum,” tegasnya kepada seluruh calon Kades yang menghadiri deklarasi damai Pilkades.

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara (ketiga dari kiri) dan  unsur Forkopimda menyaksikan penandatanganan deklarasi damai yang dilakukan oleh salah satu calon kepala desa, di halaman Mapolres Lampung Utara, Selasa (10/11).

Menurut Dedy, sudah menjadi kewajiban pihaknya untuk menjaga keamanan negara dari ancaman apapun termasuk kerusuhan yang dapat memicu perpecahan. Kendati demikian, peran pihaknya tak akan pernah maksimal jika tanpa dukungan dan bantuan dari masyarakat itu sendiri.

“Pesan saya, tetap jaga keamanan dan ketertiban. Harus legowo jika kalah karena jabatan bukan segala – galanya,” kata dia.