Beranda News Pilkada Serentak 37 Bakal Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah Positif Covid-19

37 Bakal Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah Positif Covid-19

558
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan sampai Minggu (6/9/2020) sedikitnya 37 orang bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak 2020 positif Covid-19.

BACA: Bawaslu: 243 Bakal Pasangan Calon tidak Patuhi Protokol Kesehatan

Data tersebut, kata Arief, berdasarkan data bakal pasangan kandidat yang sudah mendaftar di  KPU kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada kurun 4 hingga 6 September 2020.

“Data sementara yang berhasil dihimpun hingga pukul 24.00 dari KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, bakal calon yang dinyatakan positif pemeriksaan swab tesnya sebanyak 37 dari 21 Provinsi,” kata Arief dalam jumpa pers yang disiarkan akun Facebook KPU Republik Indonesia, Senin (7/9/2020).

Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020, KPU daerah wajib memberi perlakuan khusus bagi kandidat yang positif Covid-19. KPU daerah diperintahkan melakukan penelitian syarat pendaftaran kandidat tersebut secara virtual.

Selain itu, kandidat tersebut diwajibkan menjalani penanganan Covid-19 hingga dinyatakan negatif. Setelah negatif, kandidat tersebut baru diperbolehkan melanjutkan tahap pendaftaran.

“KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota menetapkan Pasangan Calon yang memenuhi persyaratan calon dan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika sebagai Pasangan Calon peserta Pemilihan sesuai dengan jadwal penetapan Pasangan Calon sebagaimana dimaksud pada ayat (5),” bunyi pasal 50C ayat (6) PKPU tersebut.

Arief mengingatkan pilkada kali ini digelar dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga semua pihak yang terlibat diminta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“KPU perlu mengingatkan kembali parpol paslon, dan pemilih agar mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam setiap tahapan pelaksanan Pilkada 2020,” katanya.