Beranda Pendidikan 491 Pelajar MI-MTs-MA Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi

491 Pelajar MI-MTs-MA Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi

516
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM Kepala Kanwil Kemenag Provinsi lampung Suhaili secara resmi membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandarlampung, Selasa (4/7/2018).

Acara yang akan berlangsung hingga 25 Juli 2018 ini diikuti 491 pelajar MIN, MTs dan MAN serta sekolah umum dari kabupaten/kota se-Lampung.

Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika dan IPA untuk tingkat Madrasah Ibtifaiyah, IPA, IPS dan Matematika untuki tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, dan Matematika untuk jenjang Madrasah Aliyah.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Lampung, Juanda Naim, KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains dari sekolah madrasah sehingga menciptakan siswa yang kreatif sehingga dapat meraih prestasi terbaik untuk nilai-nilai sains dan keislaman.

“KSM ini dapat memupuk motivasi sehingga siswa madrasah mampu menyeimbangkan antara Iptek dan Intak (iman dan takwa). Siswa yang menang di ajang KSM tingkat Provinsi akan mewakili Lampung untuk bertanding ditingkat nasional yang akan diselenggarakan di Bengkulu pada 24-27 September 2018,” kata Juanda.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs.H.Suhaili, M.Ag, mengatakan KSM tingkat provinsi merupakan ajang seleksi dalam menghadapi kompetisi sains tingkat nasional.

”Saya berharap agar siswa-siswa yang ikut KSM ini bisa mewakili Lampung dan harus mendapat juara di KSM tingkat nasional, paling tidak jangan memalukan,” ujarnya.

Menurut Suhaili, KSM tingkat nasional merupakan ajang ilmiah dan membahas tentang yang akan menentukan kedepan madrasah madrasah tersebut.

“KSM  untuk meningkatkan kualitas yang berkaitan dengan individual. Hal ini sangat penting, sebab saat ini Indonesia sedang diuji dengan permasalahan kaum muda yang sangat pelik, mulai pornografi hingga kriminalitas. Di sini diharapkan adanya peningkatan akhlak yang baik, tanggung jawab,serta kepribadian yang baik,” kata dia.

Selain itu, kata Suhaili, KSM juga untuk meningkatkan kulitas pendidikan madrasah. Hal ini untuk peningkatan kelembagaan karena hasil dari KSM tingkat provinsi ini diharapkan Lampung bisa bicara di tingkat nasional.

Mas Alina Arifin

Loading...