Beranda News Gaya 5 Manfaat Memiliki Microwave di Rumah Anda

5 Manfaat Memiliki Microwave di Rumah Anda

753
BERBAGI
Microwave (Foto: Amazon)

TERASLAMPUNG.COM — Kehadiran microwave sudah tidak begitu asing lagi bagi dapur Indonesia. Kotak kecil yang praktis dan serbaguna ini banyak membantu kita menghangatkan makanan sisa agar tetap enak disantap. Tetapi, apakah hanya itu manfaat microwave? Tentu saja tidak. Berikut ini lima di antaranya. 

  1. Microwave dapat memanaskan makanan lebih cepat dari metode lainnya

Radiasi gelombang mikro dapat menembus lebih jauh[1] ke dalam makanan dan membuatnya matang lebih merata. Jika Anda memanaskan makanan terlebih dahulu dengan microwave sebelum menggorengnya dengan wajan atau memanggangnya dengan panggangan biasa, makanan itu akan lebih cepat matang.

Hail ini dapat mengurangi pembentukan arang yang bersifat karsinogenik. Selain itu, berkurangnya waktu pemanasan dalam microwave membuat bahan makanan dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi karena tidak rusak dalam waktu pemasakan yang lama.

 

  1. Pemakaian microwave relatif lebih aman

Microwave akan mati secara otomatis setelah waktu yang ditetapkan selesai, jadi Anda tidak perlu khawatir meninggalkannya tanpa pengawasan. Proses pemanasan dengan microwave juga tidak melibatkan api, sehingga risiko kebakaran menjadi lebih kecil. Anak-anak dapat mengoperasikan microwave dengan mudah tanpa perlu takut, apalagi dengan sistem pengunci saat makanan diproses. Selain itu, karena berupa wadah yang tertutup, microwave tidak menghasilkan asap atau uap panas seperti ketika Anda memasak makanan di atas kompor atau api. 

  1. Pemakaian microwave relatif lebih praktis

Penggunaan microwave lebih praktis dalam beberapa segi:

  •   waktu: Microwave mampu memasak makanan dalam hitungan menit, hanya dengan menekan tombol
  •   energi: Daya listrik yang diperlukan memang lebih besar, tetapi karena memasak dalam waktu singkat, Microwave mampu menghemat energi. Microwave juga tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu seperti oven biasa. Microwave akan langsung memasak begitu daya dihidupkan.
  •   ruang: Microwave hanya membutuhkan sedikit ruang di dapur. Ini cocok untuk Anda yang hanya memiliki ruang terbatas.
  •   Microwave lebih mudah dibersihkan daripada oven tradisional.
  •   tidak ribet: Dengan mengatur suhu dan waktu yang diperlukan, Anda tidak perlu takut makanan Anda menjadi kurang matang atau gosong.
  1. Microwave dapat menjaga kandungan gizi makanan

Karena waktu pemasakan yang lebih sebentar, makanan yang dimasak dengan microwave mampu mempertahankan kandungan gizinya. Dengan demikian, makanan Anda pun menjadi lebih sehat. Suhu microwave dapat Anda atur secara tepat agar tidak merusak nutrisi makanan yang dapat hilang dalam suhu tinggi. Untuk sayuran, alih-alih mematangkannya dengan air mendidih, Anda bisa mengukus sayuran dengan microwave agar gizinya tidak larut dalam air. 

  1. Berbagai fungsi microwave yang dapat Anda eksplorasi

Selain menghangatkan makanan sisa, ternyata ada segudang kegunaan lain microwave yang beberapa di antaranya sulit dilakukan dengan perkakas dapur lainnya. Misalnya dengan fungsi memanaskan kembali (reheat), Anda dapat membuat keripik atau kerupuk yang sudah melempem menjadi renyah kembali. Caranya dengan memanaskannya selama 30 detik dalam microwave.

Donat atau roti yang mulai mengeras dan kering pun bisa dilembutkan kembali dengan menghangatkannya di dalam microwave selama 15 detik.  Fungsi ini juga bisa diterapkan ke minuman, misalnya menghangatkan kembali kopi atau teh yang telah dingin.

Fungsi kedua adalah memanggang. Meski pemanasan pada microwave lebih cepat daripada jenis oven lainnya, hasil panggangan kedua oven ini berbeda[2]. Hasil panggangan microwave akan cenderung kering karena fungsinya mengurangi kelembapan dan kadar air dalam makanan, sementara tekstur makanan yang dipanggang dengan oven biasa akan renyah dan merata kematangannya.

Fungsi ketiga adalah mencairkan makanan beku (defrosting). Fungsi ini menghemat waktu Anda yang ingin memasak bahan makanan yang baru saja Anda keluarkan dari freezer. Panaskan sebentar dalam microwave, dan Anda bisa langsung mengolahnya.

Fungsi keempat adalah membuat popcorn, dengan hanya memasukkan jagung beserta bumbunya. Dan fungsi kelima adalah mengukus. Untuk fungsi ini, Anda membutuhkan wadah khusus yang bagian bawahnya dapat diisi air dan bagian atasnya memiliki rak pengukus.

Nah, itulah beberapa di antara segudang kegunaan microwave. Masih banyak fungsi-fungsi lain yang bisa Anda coba dan eksplorasi, seperti mengeringkan bumbu rempah agar tahan lama, memanggang buah kering, mengupas bawang, bahkan mensterilkan botol bayi. Meski microwave pasti juga memiliki kekurangan, Anda tetap dapat memperoleh segudang manfaat dengan memiliki microwave di rumah Anda.

[1] http://www.historyofmicrowave.com/microwave-facts/benefits-of-microwaves/

[2] https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/7-perbedaan-oven-dan-microwave