Beranda Ekbis Bisnis 5 Tips Mengajukan Kartu Kredit untuk Pertama Kali

5 Tips Mengajukan Kartu Kredit untuk Pertama Kali

384
BERBAGI
Ilustrasi

TERASLAMPUNG.COM– Dengan kemudahan yang ditawarkan, kini banyak orang beralih menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi pembayaran dan meninggalkan uang tunai karena dianggap tidak seefisien kartu kredit. Selain kemudahan tersebut, memiliki kartu kredit juga akan dapat membantu kita berhemat dengan memanfaatkan promo-promo yang bekerja sama dengan merchant-merchant tertentu.

Seperti kartu kredit Panin yang memberikan potongan harga sebesar 50% bagi penggunanya yang makan di Mamacita. Belum lagi kini banyak produk pinjaman dana tunai tanpa agunan yang ditawarkan dengan persyaratan utama adalah dengan memiliki kartu kredit.
Apapun alasan anda untuk memiliki kartu kredit, tentunya anda tak ingin kalau kartu kredit berubah menjadi petaka sebab tak mengerti cara yang bijak untuk menggunakannya.

Apabila ini adalah pertama kalinya untuk anda mengajukan kartu kredit, simaklah beberapa tips di bawah ini:

1. Persyaratan yang Fleksibel
Beberapa Bank memang memberlakukan persyaratan yang agak rumit dalam pengajuan kartu kredit, seperti salah satunya adalah foto copy kartu kredit yang sudah dimiliki.

Nah, hal ini tentunya akan menjadi masalah untuk kalian apabila kalian belum pernah memilikinya sama sekali. Untuk itu, pilihlah Bank yang menetapkan persyaratan yang lebih fleksibel untuk memudahkan Anda dalam mengajukan aplikasi kartu kredit pertama Anda.

2. Iuran Tahunan
Banyak orang yang terjebak pada iuran tahunan dalam kartu kredit, khususnya mereka yang belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya berpikir bahwa dengan memiliki kartu kredit tanpa harus membayar iuran tahunan dan sebagainya.
Ada juga Bank yang memberikan promo hadiah berupa bebas iuran tahunan pada tahun pertama, tapi Anda harus betul-betul mengamati berpakah iuran tahunan yang dibebankan kepada Anda pada tahun-tahun berikutnya.

Anda juga dapat menanyakan kepada pihak Bank apakah ada promo untuk menghapuskan iuran tahunan seperti dengan minimal berapa kali pembelanjaan, atau melakukan pembelanjaan dengan nominal yang ditentukan oleh pihak Bank.

3. Suku Bunga Rendah
Selain kedua hal di atas, hal yang tak kalah penting dalam memilih kartu kredit perdanamu adalah suku bunganya. Secara legal, Pemerintah Indonesia telah menetapkan batas maksimum suku bunga pembelanjaan kartu kredit sebesar 2,95% per bulan.
Hanya saja pada pelaksanaannya masih banyak pihak Bank yang berani menurunkan suku bunga agar lebih rendah lagi. Dan hal ini tentunya menjadi sebuah keuntungan bagi anda yang ingin mengajukan kartu kredit.

Dengan suku bunga yang rendah, artinya beban bunga yang dibebankan kepada anda saat anda berbelanja dengan kartu kredit pertama Anda tidaklah begitu mencekik kantong.

4. Limit yang sesuai
Siapa yang tidak ingin memiliki kartu kredit dengan limit yang besar? Tentu saja semua orang menginginkannya. Namun karena ini adalah kartu kredit perdana anda, tentunya anda harus berhati-hati.

Cobalah belajar untuk memakai kartu kredit perlahan dan bijak dalam penggunaannya. Jika anda tahu saja triknya, anda dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan kartu kredit.
Contohnya, anda akan mendapatkan diskon sebesar 30% yang berlaku setiap hari di Chef in Red di SCBD Sudirman Lot 14 untuk minimum transaksi sebesar Rp200 ribu khusus untuk pemegang kartu kredit OCBC NISP yang berlaku hingga 15 April 2016.

Tak perlu limit yang terlampau besar, dengan limit yang besar nantinya Anda malah terkejut dengan total tagihan yang besar pula jika digunakan dengan tanpa kontrol.

5. Sesuaikan dengan gaya hidup
Dan poin terakhir yang paling penting dalam memilih kartu kredit pertama anda adalah gaya hidup. Gaya hidup setiap orang pasti sangat berbeda. Ada yang menyenangi gaya hidup santai menjelajah dunia luar, ada juga tipe hangout yang selalu keluar bersama teman-teman di pusat perbelanjaan terdekat.

Tentunya dalam memilih kartu kredit pertama, anda harus sesuaikan dengan gaya hidup yang manakah yang lebih cocok anda gunakan. Dengan menyesuaikannya, maka anda akan lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit perdana anda. Selamat mencoba!

kabarmedan.com