Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara 71 SMP-MTS Lampura akan Gelar UNBK

71 SMP-MTS Lampura akan Gelar UNBK

383
BERBAGI
Kasi Dikdas Disdikbud Lampung Utara menyosialisasikan sistem UNBK kepada peserta sosialisasi
Kasi Dikdas Disdikbud Lampung Utara menyosialisasikan sistem UNBK kepada peserta sosialisasi.20 Maret 2018.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dari total 179 SMP/sederajat di Lampung Utara, 71 di antaranya bakal mengelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada akhir April mendatang.

“UNBK SMP/MTs ini baru pertama kali dilakukan di Lampung Utara. ‎Karena baru perdana maka jumlah sekolah yang menggelar UNBK hanya 63 sekolah,” kata Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara (Disdikbud Lampura), Merlyn Sofia usai sosialisasi mengenai UNBK di kantor Disdikbud, Selasa (20/3/2018).

Merlyn menjelaskan, ke-71 sekolah yang menggelar UNBK ini terdiri dari 63 SMP dan 8 sekolah yang menggelar UNBK untuk paket B dan C. Di luar ke-71 sekolah itu atau 108 sekolah lainnya masih tetap menggunakan sistem ujian yang lama atau istilah sekarang disebut Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

“Karena UNBK baru perdana dilakukan di sini maka hari ini kami menggelar sosialisasi untuk meminimalisir pelbagai kendala saat UN berlangsung,” jelasnya.

Selain sosialisasi seperti ini, Disdikbud juga telah melakukan sedikitnya tiga kali simulasi sebagai persiapan pelaksanaan UNBK. Simulasi itu dilakukan pada ‎Januari, Februari, dan Maret.

Sementara untuk mengantisipasi kendala dari faktor eksternal‎ seperti pemadaman listrik dan lainnya, Merlyn menuturkan bahwa pihaknya akan mengirimkan surat kepada PT. PLN supaya tidak melakukan pemadaman listrik di daerah – daerah yang akan menggelar UNBK.

“Kami akan minta bantuan pihak PLN untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik dan juga ‎pihak sekolah harus menyiapkan mesin genset,” papar dia.

‎Ia berharap, semua pihak terkait termasuk masyarakat dapat bekerja sama dalam menyukseskan pelaksanaan UNBK dan UNKP serta UN paket B dan C tahun ini.

“Semoga pelaksanaan UNBK, UNKP dan UN paket B dan C berjalan sesuai rencana,” harapnya.

Loading...