Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat 73 Tahun Gelap, Kecamatan Suoh dan BNS Kini Terang

73 Tahun Gelap, Kecamatan Suoh dan BNS Kini Terang

600
BERBAGI

Teraslampung.com — Sebagian wilayah Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) yang aejak Indonesia merdeka masih gelap karena belum dialiri listtik PLN .pada Rabu malam, 21 Maret 2018 berubah terang benderang.

Rabu malam Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus didampingi GM Manajer PLN Lampung Julita Indah dan mantan Bupati Lambar Mukhlis Basri meresmikan listrik masuk desa di lapangan Kecamatan Bandar Negeri Suoh.

“Semoga dengan masuknya listrik PLN di 17 pekon di dua kecamatan di Lambar ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengurangi angka kriminal,” kata Bupati Parosil Mabsus.

Menurut Bupati Parosil, untuk tahap pertama ada 1.100 rumah di 17 pekon di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh yang dialiri listrik PLN mulai 21 Maret 2018.

“Biasa pasang sambungan baru listrik PLN sebesar Rp3,5 juta. Pemkab Lampung Barat membantu per kepala keluarga yang melakukan pemasangan sambungan baru sebesar Rp851 ribu,” kata Parosil.

GM PLN Lampung, Julita Indah, berharap warga Suoh dan Bandar Negeri Suoh bisa bekerja sama dengan baik dan membantu menjaga aset PLN.

“Kalau nanti ada daun pohon yang kami potong agar tidak mengganggu kabel listrik apakah bapak dan ibu rela?” tanya Julita.

Ribuan warga yang memadati Lapangan Kecamatan Bandar Negeri Suoh langsung menjawab,”Relaaaa!”

“Kami juga akan membangun pos jaga agar akses bapak-ibu untuk mendapatkan layanan PLN menjadi semakin mudah. Namun, ya itu tadi, kami minta masyarakat sini juga harus membantu agar pos jaga aman,” kata Julita.

Peresmian sambungan listrik di 17 pekon di Suoh dan NBS malam itu berlangsung meriah. Ribuan warga memadati Lapangan Kecamatan Bandar Negeri Suoh untuk menjadi saksi dimulainya era terang karena masuknya aliran listrik PLN.

Selama ini, sebagian besar warga di Suoh dan Bandar Negeri Suoh mendapatkan aliran listrik secara swadaya dengan membangun kincir air (mikrohidro), genset, atau tenaga surga dengan daya yang sangat terbatas.

 

 

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaKado HUT ke-54 Lampung, KA Baturaja-Tanjungkarang Beroperasi
Artikel berikutnyaPemkot Bandarlampung Gelar Musrenbang 2018
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya