Beranda Iklan Advetorial 85 Anggota DPRD Lampung 2019-2024 Resmi Diangkat Sebagai Wakil Rakyat

85 Anggota DPRD Lampung 2019-2024 Resmi Diangkat Sebagai Wakil Rakyat

2241
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak 85 anggota DPRD Lampung resmi diangkat sebagai anggota DPRD Lampung periide 2019-2014, Senin (2/9/2019).

Pangucapan sumpah jabatan dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Ridwan Mansyur, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lampung di Gedung DPRD Lampung, Jl. R.W. Monginsidi Bandarlampung.

Pengangkatan ke-85 wakil rakyat itu berdasarkan SK Mendagri RI Nomor 161.18-3823 Tahun 2019 tanggal 29 Agustus 2019 tentang peresmian pemberhentian DPRD Provinsi Lampung masa jabatan 2014-2019 dan SK Mendagri RI Nomor 161.18-3824 Tahun 2019 tnggal 29 Agustus 2019 tentang Petesmian Pengangkatan DPRD Provinsi Lampung 2019-2024 serta hasil rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Lampung tanggal 19 Agustus 2019.

Ketua DPRD Lampung periode 2014-2019, Dedi Afrizal, dalam sambutannya mengatakan rapat paripurna tersebut merupakan rapat paripurna yang ke-181 kali dan juga yang terakhir bagi DPRD Provinsi Lampung masa bakti 2014-2019.

Pada kesempatan itu Dedi juga memaparkan kinerja DPRD Lampung sejak tahun 2014 hingga 2019 yang telah mencapai sejumlah target. Antara lain:

1.Bidang Legislasi

Dalam kurun waktu 2014-2019,DPRD Provinsi Lampung telah mengesahkan 108 Perda/5 Tahun atau 18 Perda/Tahun atau mencapai 120% dengan perincian :

1)Peraturan Daerah (Perda) Usul Inisiatif DPRD Provinsi Lampung sebanyak 43 Peraturan Daerah

2)Peraturan Daerah Prakarsa Pemerintah Provinsi Lampung sebanyak 47 Peraturan Daerah

3)Peraturan daerah pengesahan APBD sebanyak 18 Peraturan Daerah

2.Bidang Anggaran

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung bersama pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan pendapatan Provinsi Lampung untuk membiayai pembangunan daerah yaitu :

a.Peningkatan Pendapatan

Pada tahun 2015 APBD Provinsi Lampung sebesar Rp4,69 Triliun,pada tahun anggaran 2019 menjadi sebesar Rp7,31 Triliun, terjadi peningkatan 2 kali lipat atau meningkat 165% (termasuk dana BOS) dalam kurun waktu 5 tahun.

b.Keseimbangan Belanja

Dalam membahas APBD Provinsi Lampung,DPRD Provinsi Lampung bersama Tim Anggaran Pemerintah Provinsi Lampung(TAPD) terus menerus berupaya untuk menyeimbangkan struktur belanja supaya belanja langsung lebih besar arau sama dengan belanja tidak langsung

c.Teranggarkannya Program Pro Rakyat

Dalam pembahasan APBD Provinsi Lampung,DPRD selalu memprioritadkan anggaran untuk pembangunan yang diperuntukkan kepada rakyat Lampung.Kebituhan tersebut diantaranya di bidang infrastruktur,kesehatan,pendidikan,pertanian,peternakan,perikanan,dan lain lain

3.Bidang Pengawasan

DPRD Provinsi Lampung terus-menerus berupaya menindaklanjuti aspirasu dan pengaduan masyarakat baik yang disampaikan secara tertulis ataupun diperoleh saat melakukan kunjungan reses anggota DPRD Provinsi Lampung ke masing masing daerah pemilihan yang dituangkan menjadi pokok pokok pikiran DPRD Provinsi Lampung yang telah dikompilasi yang selanjutnya telah dilaporkan di sidang paripurna DPRD.

“Kami menyadari bahwa sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan maka selama dalam kurun 5 tahyn melaksanakan tugas tentunya masih ada kekurangan maupun kekhilafan selama menjalankan tugas sebagai anggota dprd provinsi lampung untuk itu dalam kesempatan yang baik ini kami atas nama pimpinan dan segenap anggita dprd provinsi lampung periode 2014-2019 dengan tulus dan kerendahan hati mohon dimaafkan,” kata Dedi.

“Kepada para calon anggota dewan hasil pemilihan umum legislatif 2018 kami mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja di gedung DPRD Provinsi Lampung. Semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan rahmat-Nya di dalam melaksanakan tugas tugas mendatang sebagai wakil rakyat Lampung sehingga dapat lebih meningkatkan kesejahteraan rakyat Lampung,” tambahnya.

Usai pengucapan sumpah dilanjutkan dengan penyematan lencana tanda sebagai anggota DPRD.

Pada sidang tersebut Ketua DPRD Lampung 2014-2019 Dedi Aprizal menyerahkan palu sidang kepada anggota DPRD Lampung dari Fraksi PDIP Mingrum Gumay sebagai tanda Mingrum sebagai ketua sementara DPRD Lampung.

Selain Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim, acara pengucapan sumpah itu juga dihasiri para ketua parpol, unsur Forkopimda, bupati dan walikota di kabupaten/kota se-Lampung, dan keluarga para anggota Dewan.

Saat menyampaikan sambutan Mingrum Gumay mengajak anggota dewan setempat untuk bersatu dan melupakan perbedaan demi pembangunan.

“Saya mengajak para anggota DPRD Lampung periode 2019-2024 untuk meneruskan semangat juang secara bersama-sama, bergotong royong demi menjaga stabilitas dan lancarnya pembangunan dalam segala aspek untuk kepentingan masyarakat secara menyeluruh. Saya juga mengajak para anggota Dewan meninggalkan kepentingan pribadi dan kelompok. “Sebagai pengemban amanah rakyat, cita-cita akan tercapai bila kita tanamkan prinsip kebersamaan demi pembagunan masyarakat Lampung,” katanya.

Gubernur Arinal Djunaidi, dalam sambutannya mengajak seluruh anggota DPRD Lampung yang baru untuk -2024 bersama-sama membangun Lampung.

“Sebagai wakil rakyat, di pundak setiap anggota DPRD Lampung ada tanggung jawab besar untuk memajukan daerah sesuai dengan janjinya ketika melakukan kampanye. Mari kita bersama bergandeng tangan dan merapatkan barisan dalam mewujudkan kebutuhan dan harapan masyarakat Lampung yang lebih aman berbudaya Sejahtera dan berdaya saing selama lima tahun ke depan,” kata Arinal.

Arinal juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-2019 yang telah membanguna provinsi Lampung bersama lembaga eksekutif.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Lampung yang telah berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2019,” katanya.

ADVETORIAL

 

Loading...