Beranda Teras Berita Abetnego Tarigan Dinilai Pantas Jadi Menteri Lingkungan Hidup

Abetnego Tarigan Dinilai Pantas Jadi Menteri Lingkungan Hidup

689
BERBAGI
Abetnego Tarigan (dok mongabay)
Ahmad
Marhaen/Teraslampung.com

PALEMBANG
– 
Dukungan kepada Direktur Eksekutif Walhi Abetnego Tarigan untuk menjadi Menteri Lingkungan Hidup dalam kabinet Jokowi-JK terus mengalir. Dari Sumatera Selatan, dukungan diberikan oleh koordiantor Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN) dan Ketua BPH AMAN Sumsel.

“Abetnego menurut kami sangat pantas menjadi Menteri Lingkungan Hidup dalam kabinet Jokowi-JK,” kata Mualimin Dahlan, koordiantor Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN), selama Pilpres 2014, getol mengkampanyekan pasangan Jokowi-JK, Senin (11/08/2014).

Menurut Mualimin, kemenangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014 merupakan kemenangan yang bukan hanya diperjuangkan para politisi, tetapi juga para penggiat lingkungan hidup. Sebab itu, menurut Mualimin, pemerintahan Jokowi-JK nanti benar-benar menjalankan agenda yang mengatasi berbagai persoalan yang menimpa rakyat, seperti persoalan lingkungan hidup.

“Sebab itu dibutuhkan pembantu Jokowi-JK yang mumpuni dalam menjalankan program prolingkungan hidup.Sebagai aktivis lingkungan hidup dan pemimpin organisasi lingkungan hidup terbesar di Indonesia, Abetnego dinilai mengetahui berbagai persoalan lingkungan hidup di Indonesia,” ujarnya.

Mualimin menilai, Abetnego juga memahami berbagai langkah untuk memperbaiki persoalan tersebut. “Yang lebih penting, jika Abetnego ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan Hidup, dia akan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak, khsusunya para penggiat lingkungan hidup di Indonesia,” ujarnya.

Pernyataan senada dikatakan Ketua BPH AMAN Sumsel Rustandi Adriansyah. “Abetnego juga pahama persoalan masyarakat adat. Sebab, masyarakat adat merupakan korban pertama dari berbagai persoalan lingkungan hidup di Indonesia. Dia pantas menjabat posisi tersebut,” ujarnya.

Menurut Rustandi, jika Menteri Lingkungan Hidup tidak dipegang oleh orang yang tidak memahami lingkungan hidup, maka persoalan lingkungan hidup di Indonesia akan terus mengancam. Padahal, persoalan ke depan yang mengancam Indonesia maupun dunia yakni persoalan lingkungan hidup.

“Kami yakin Abetnego akan mampu memimpin kementerian yang selama ini terkesan tidak bertaji,” ujar relawan Jokowi-JK di wilayah Sumsel ini.

Loading...