Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Abi Hasan Mu’an Berharap Warga Tiga Kelurahan di Sukarame Segera Bisa Sertifikatkan...

Abi Hasan Mu’an Berharap Warga Tiga Kelurahan di Sukarame Segera Bisa Sertifikatkan Lahan

540
BERBAGI
Abi Hasan Mu'an

TERASLAMPUNG.COM — Praktisi hukum Abi Hasan Mu’an mengharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi tanah-tanah warga di Kelurahan Way Dadi, Kelurahan Way Dadi Baru, dan Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame,Kota Bandarlampung sudah  bisa disertifikatkan.

“Langkah kami sudah tidak jauh lagi.  Insya Allah atas izin Allah masyarakat bisa mensertifikatkan tanah yang mereka perjuangkan selama kurang lebih 35 tahun ini,” kata mantan Direktur LBH Bandarlampung itu, Minggu, 24 Maret 2019.

Lahan seluas 189 hektare di tiga kelurahan tersebut sejak puluhan tahun lalu dihuni warga. Selain rumah, banyak juga fasilitas umum dan fasilitas sosial yang sudah dibangun.

Pada 2016 lalu, masalah muncul ketika Pemprov Lampung akan mengeksekusi lahan tersebut karena menganggap bahwa lahan tersebut adalah aset Pemprov Lampung. Rencana itu mendapatkan penolakan warga. Beberapa kali warga melakukan unjuk rasa untuk menolak rencana pengosongan lahan.

Abi mengatakan, berdasarkan rapat pihak Kemendagri dengan beberapa pihak pada 12 Februari 2019 telah disepakati beberapa hal penting. Pertama, apabila masyarakat Kelurahan Way Dadi, Way Dadi Baru, dan Korpri Jaya menpertanyakan hakn pengelolaan lahan (HPL) dianggap cacat administrasi penerbitannya maka diusulkan dua alternatif, yaitu (1) substansi dibuktikan melalui pengadilan,(2) dibatalkan oleh Kementrian ATR/BPN karena cacat hukum administrasi berdasarkan peraturan menteri ATR/BPN no.11 Tahun 2016 tentang Penyelesaian Kasus Pertanahan.

Rapat tersebut dihadiri Endro Yuswantoro Yahman (Komisi II DPR RI), Supardi Marbun (Kementrian ATR/BPN), Dedi Afrizal (Ketua DPRD Lampung), Armin Hadi (Pokmas ST-2), dan Eko Subowo (Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan).

Dandy Ibrahim

Loading...