Beranda Teras Berita Abu Bakar Baasyir Dikabarkan Baiat ISIS dari dalam LP Nusakambangan

Abu Bakar Baasyir Dikabarkan Baiat ISIS dari dalam LP Nusakambangan

314
BERBAGI

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

Inilah foto yang beredar di dunia maya yang menunjukkan Abu Bakar Baasyir dengan latar belakang bendera ISIS. (dok/Ist)

JAKARTA – Pendiri Jamaah Ansharut Tauhid, Abu Bakar Baasyir berbaiat kepada Abu Bakr Al-Baghdadi, pemimpin kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS dari dalam Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Jawa Tengah.

Hal tersebut diketahui dari beredarnya  foto yang menampilkan Baasyir bersama 13 orang lainnya dengan satu di antara mereka terlihat membentangkan bendera ISIS berwarna hitam. Dalam foto itu, Baasyir duduk diapit para pria itu dan mereka mengenakan pakaian putih.

Menanggapi hal tersebur, Direktur Jenderal Permasyarakatan Handoyo Sudrajat mengatakan lembaganya segera menggelar sidang tim pengamat permasyarakatan. Sidang ini untuk merespons beredarnya gambar terpidana terorisme 15 tahun penjara Abu Bakar Ba’asyir berbaiat kepada khalifah Al-Baghdadi, pemimpin kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Sekarang masih libur, Senin baru masuk, sedini mungkin akan kami lakukan sidang itu,” kata Handoyo ketika dihubungi Tempo, Sabtu, 2 Agustus 2014.

Handoyo mengaku belum bisa memastikan lokasi foto tersebut diambil. Namun dia telah meminta Direktur dan Kepala Unit Pelaksana Tugas untuk meningkatkan pengawasan terhadap para terpidana terorisme.

Dia juga mengatakan belum menerima laporan foto tersebut diambil oleh pihak mana. Namun, kata dia, pihaknya bisa saja melarang Baasyir dan rekan-rekannya untuk menerima tamu dan melakukan penggeledahan, jika memang ada yang menyelundupkan kamera atau ponsel ke dalam LP. (*)

Loading...