Beranda News Nusantara Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau Bergerak ke Wilayah Banten

Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau Bergerak ke Wilayah Banten

450
BERBAGI
Abu vulkanik Gunung Anak Krakatau menempel di kaca mobil di wilayah Anyer, Banten (Foto: Muhammad Rois Rinaldi)
Abu vulkanik Gunung Anak Krakatau menempel di kaca mobil di wilayah Anyer, Banten (Foto: Muhammad Rois Rinaldi)

TERASLAMPUNG.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir abu vulkanik Gunung Anak Krakatau mulai menyebar ke arah barat dan barat daya atau mengarah ke wilayah Provivinsi Banten.

“Terlihat adanya pola sebaran debu vulkanik dengan arah pergerakan menuju barat daya dan barat,” tulis akun Twitter resmi BMK, Rabu, 26 Desember 2018.

Sebaran abu vulkanik bisa mencapai wilayah Cilegon dan Serang, Banten, karena pergerakan abu tersebut berada di ketinggian sekitar 10 kilometer.

BMKG menyarankan bagi warga yang akan beraktivitas di luar rumah untuk menggunakan kaca mata dan masker.

“Jangan lupa selalu menggunakan masker dan kacamata jika hendak keluar rumah,” tulis BMKG.

Muhammad Rois Rinaldi, sastrawan dan redaktur media online di Serang, Banten, mengatakan debu vulkanik sudah mencapai wilayah Cilegon dan beberapa daerah lain di Banten.

“Debu vulkanik yang ada karena arah angin ke arah Anyer, Kota Cilegon, dan Kabupaten Serang wilayah barat (Kramatwatu). Kita perlu melengkapi diri dengan masker, pakaian lengan panjang, dan kacamata. Ventilasi rumah juga upayakan ada penyaringnya. Jangan panik. Tetap tenang dan waspada. Tetap beristigfar dan bershalawat,” tulis Rois di akun Facebook miliknya.

 

Loading...