Beranda News Kabar Desa ADD Membuat Geliat Pembangunan di Desa Comok Terlihat Nyata

ADD Membuat Geliat Pembangunan di Desa Comok Terlihat Nyata

128
BERBAGI
‎Saluran drainase atau siring pasang yang baru dibangun oleh aparatur Desa Comok, Sungkai Barat dengan menggunakan ADD 2016.

Teraslampung.com | Kotabumi–Geliat pembangunan‎ di berbagai desa di Lampung Utara mulai terasa sejak Alokasi Dana Desa (ADD) dikucurkan pertengahan tahun ini. Salah satu desa yang sedang melakukan pembangunan itu ialah Desa Comok, Sungkai Barat, Lampung Utara.

“Prioritas pembangunan Desa Comok tahun‎ ini di antaranya pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) sepanjang 100 meter dan pembangunan siring pasang sepanjang 350 meter,” terang Penjabat sementara Kepala Desa Comok, Ishar, Minggu (7/8/2016).

‎TPT yang dibangun, kata Ishar, berada di Dusun I tepatnya di dekat jembatan yang membelah Way Timba. Pembangunan TPT ini untuk mencegah pengikisan tanah di sepanjang jalan. Selama ini, lebar jalan di sekitar jembatan kian hari terkikis tanahnya lantaran tak adanya TPT tersebut.

“Belum lagi kalau banjir datang, jalan ini selalu tenggelam ‎karena enggak ada TPT-nya,” terangnya.

Menurut Ishar, total panjang TPT yang dibangun kali ini mencapai 100 meter‎. TPT ini berada di Dusun I tepatnya di dekat jembatan penghubung Dusun I dengan Dusun V. Selain pembangunan TPT yang telah diselesaikan, pihaknya juga telah membangun sekitar 280 meter siring pasang atau saluran drainase di Dusun I.

“Dari total 350 meter siring pasang yang direncanakan, 280 meternya telah selesai dibangun. Sisanya, masih dalam tahap penyelesaian,” tutur dia.

Berbagai pembangunan yang telah atau masih dalam proses pengerjaan, imbuhnya lagi, seluruhnya merupakan aspirasi warga Desa Comok. Aspirasi ini kemudian ditetapkan menjadi prioritas pembangunan setelah sebelumnya dibahas dalam rembug Dusun dan rembug Desa.

“Semua pembangunan yang dilaksanakan ini murni datang dari warga yang disampaikan melalui rembug Dusun dan rembug Desa,” katanya.