Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Agar Bayi Lahir Sehat, BNN Lamsel Imbau Ibu Hamil Jauhi Narkoba

Agar Bayi Lahir Sehat, BNN Lamsel Imbau Ibu Hamil Jauhi Narkoba

231
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Sosialisasi BNN Lampung Selatan tentang bahaya narkoba bagi ibu-ibu hamil di Katibung, Lampung Selatan, Rabu (17/6/2015).

KATIBUNG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Lampung Selatan tidak pernah berhenti melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat di kabupaten serambi pulau sumatera ini.

Jika sebelumnya penyuluhan dan sosialisasi diberikan dikalangan remaja dan pelajar, kini BNN Lamsel tengah gencar mensosialiasikan tentang bahaya narkoba dikalangan ibu hamil dan lingkungan keluarga dengan mengambil tema “Pola Hidup Sehat Tanpa Narkoba” seperti yang dilakukan BNN di Puskesmas Tanjung Agung Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Rabu (17/6).

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Hipni, S.IP mewakili Kepala BNN Lamsel Aryadi mengatakan, penyalahgunaan narkoba juga dapat terjadi pada ibu hamil. “Hal itu dilakukan bisa melalui penggunaan narkoba secara langsung oleh sang ibu, maupun melalui penularan dari orang lain,” ujar Hipni dalam sambutannya.

Menurutnya, setiap bayi secara langsung akan mengonsumsi apa yang dikonsumsi oleh sang ibu.
“Artinya, jika ibunya pengguna narkoba, maka secara otomatis anaknyapun akan terkena narkoba,” terangnya.

Hipni menambahkan, setiap orang tua sudah pasti menginginkan bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat dan lengkap secara fisiknya. Bayi yang tertular narkoba, bisa mengalami berbagai gangguan seperti pertumbuhan janin tidak sempurna, keguguran, gangguan pernapasan, dan gangguan kesehatan lainnya.

“Sudah pasti kondisi-kondisi seperti itu tidak diinginkan terjadi pada anak-anak kita, oleh karenanya, melalui kegiatan sosialiasi dan penyulahan narkoba ini diharapkan ibu-ibu hamil di Lampung Selatan bisa jauh dari penyalahgunaan narkoba maupun tertular narkoba,” harapnya.

Dikatakannya, peredaran narkoba dewasa ini sudah sangat membahayakan. Untuk itu, lanjut Hipni, pihaknya mengajak semua keluarga khususnya bagi ibu-ibu hamil agar selalu berhati-hati dan harus menjauhi narkoba.

“Program penyuluhan hidup sehat tanpa narkoba ini, dimaksudkan agar para keluarga dan ibu hamil bisa secara langsung mengetahui bahaya narkoba bagi kehidupan manusia, sehingga bisa menjauhi barang-barang terlarang itu,” katanya.

Loading...