Agar tidak Gagal Verifikasi, Pendaftar SNMPTN Jangan Lakukan Ini

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Rektor I Universitas Negeri Padang, Refnaldi, mengungkap satu lagi yang harus diperhatikan para siswa saat pendaftaran peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Menurutnya, sebanyak 20 persen dari mereka yang sudah mendaftar dan lulus gagal diterima saat verifikasi nilai rapor.

Kegagalan karena ditemukan perbedaan saat pencocokan nilai dengan data yang sudah dimasukkan sebelumnya. “Siswa harus teliti supaya nilai yang dimasukkan sesuai dengan rapor yang diunggah,” kata Refnaldi di Padang, Kamis 18 Februari 2021.

Ia mengingatkan, siswa memasukkan nilai sesuai dengan yang diminta. Jika diminta nilai pengetahuan, jangan nilai keterampilan yang dimasukkan hanya karena nilai itu lebih tinggi. Jangan pula menggabungkan kedua nilai lalu mengambil rata-ratanya karena itu akan bermasalah saat verifikasi.

BACA JUGA:   20 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga KKN Mandiri di Ulubelu Tanggamus

Refnaldi menerangkan, siswa yang sudah dinyatakan lulus pada jalur SNMPTN akan diminta mengunggah nilai rapor untuk verifikasi dan dicocokkan dengan nilai sebelumnya. Jika tidak lulus verifikasi, dia memperingatkan bahwa akibatnya akan sangat fatal: siswa akan gagal di dua jenis ujian.

“Pertama tidak lulus di SNMPTN. Kedua di SBMPTN dengan ujian tulisnya pun otomatis tidak bisa lulus karena di SNMPTN sudah dinyatakan lulus namun tidak jadi lulus karena nilai rapor yang diunggah tidak cocok,” katanya sambil menambahkan, “Sehingga siswa yang lulus verifikasi di SNMPTN sudah terkunci di sistemnya.”

Terpisah, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut sebanyak 159.645 siswa telah menyelesaikan pendaftaran SNMPTN 2021 per Rabu malam. Proses pendaftaran dinyatakan selesai, apabila siswa sudah melakukan finalisasi atau cetak kartu peserta.

BACA JUGA:   SMPN I Kota Metro Wakil Lampung Dalam Lomba UKS Sekolah Tingkat Nasional

“Setelah finalisasi atau cetak kartu peserta, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apapun,” kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, di Jakarta, Kamis.

Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman- snmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.

TEMPO

  • Bagikan