Agus Suprayoga, Seniman Ukir Lampung Wakili Indonesia pada World Wood Day 2016 di Nepal

  • Bagikan
Agus membuat ukiran kayu bermotif tapis Lampung

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com –– Agus Suprayoga, seniman ukir asal Lampung menjadi salah satu dari tujuh wakil Indonesia yang menghadiri Festival  World Wood Day di Kathmandu, Nepal, 19 hingga 26 Maret 2016.

Tujuh wakil Indonesia pada forum itu terdiri atas  1orang ahli ukir kayu, 1 orang pembuat furniture dari kayu , 3 orang pemusik dengan alat musik  kayu, dan  2 orang folk art dari Bandung yang mempresentasikan wayang kayu (wayang golek).

Agus Suprayoga menjadi satu-satunya seniman ukir di Indonesia yang ikut dalam perhelatan yang dihadiri 300-an peserta dari 106 negara itu.

Agus mengaku, untuk tampil pada acara tahunan bergengsi itu dirinya harus bersaing dengan tiga seniman ukir lainnya. Mereka berasal dari Jepara, Bali, dan Yogyakarta.

“Alhamdulillah saya dari Lampung yang terpilih. Jadi saya mewakili Indonesia sekaligus Lampung,” kata Agus, Selasa (22/3).

Agus mengaku, panitia memilih dirinya untuk hadir pada even tahunan itu karena keunikan ornamen Lampung.

“Ornamen Lampung dalam bentuk ukiran kayu yang selama ini saya tekuni dan hasilkan dinilai memiliki nilai-nilai  filosofis. Hal itu mereka ketahui dari deskripsi karya yang saya kirimkan waktu mendaftar,” kata Agus.

Menurut Agus, pada acara World Wood Day semua peserta bukanlah pelancong. Selain mengikuti workshop, para peserta juga melakukan praktik menghasilkan karya dengan keahliannya masing-masing.

“Intinya kami juga saling belajar dan tukar pengalaman,” katanya.

 

Oyos Saroso HN

SIMAK JUGA: “Kemeriahan Bunyi Mesin” pada World Wood Day 2016 di Nepal

  • Bagikan