Beranda News Bandarlampung Airin Rahmi Diani Terpilih sebagai Ketua Apeksi 2016-2020

Airin Rahmi Diani Terpilih sebagai Ketua Apeksi 2016-2020

149
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diyani terpilih menjadi ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2016 – 2020 pada Musyawarah Nasional (Munas) V di Ratu Concention Center (RCC), Kota Jambi, Kamis (28/7).

Airin menyisihkan calon kuat Ketua Dewan Pengurus Apeksi lainnya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

Airin menggantikan Ketua Dewan Pengurus Apeksi 2012 – 2016, Wali Kota Manado, Vikcy Lumentut. Selama memimpin Apeksi empat tahun ke depan, Airin didampingi lima wakil ketua. Pemilihan Dewan Pengurus Apeksi 2016 -2020 dilaksanakan secara musyawarah – mufakat oleh tujuh orang anggota tim formatur.

Dalam sidang Pleno yang dipimpin oleh Walikota Gorontalo Marten Taha dan Walikota Bogor Bima Arya itu disepakati secara mufakat Walikota Tangerang Selatan Hj.Airin Rachmi Diany sebagai Ketua dengan 6 orang Wakil Ketua Bidang antara lain Walikota Ternate, Walikota Medan, Walikota Balikpapan, Walikota Jambi, Walikota Sukabumi dan Walikota Kupang

Adapun Bendahara dijabat oleh Walikota Banda Aceh dengan Sekretaris oleh Direktur Eksekutif Apeksi tetap dijabat Sarimun Hadisaputra. Munas juga menyepakati Kota Malang sebagai tuan rumah Rakernas yang akan digelar pada 2017 mendatang. Sebagai cadangan adalah Kota Tarakan dan Kota Makasar.

Dalam sambutan pertamanya Ketua apeksi mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kinerja kepengurusan yang lama dan akan tetap meneruskan program-program yang telah berjalan.

Dalam kesempatan ini mewakili pengurus yang baru Airin memberikan penghargaan kepada para pengurus APEKSI periode 2012-2016. Penghargaan tersebut salah satunya diberikan kepada Walikota Bandarlampung Drs.H.Herman, HN,MM. yang menjabat sebagai Wakil Ketua V Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Airin Rahmi pada kesempatan tersebut berjanji mengemban tugas membawa Apeksi menjadi motor pembangunan kota di Indonesia. Apeksi akan membangun kerja sama yang baik antar pemerintahan kota se-Indonesia untuk meningkatkan pembangunan perkotaan dan kesejahteraan masyarakat kota.

“Apeksi pada hakikatnya dibentuk untuk meningkatkan pembangunan perkotaan demi terciptanya kesejahteraan masyarakat kota. Tujuan tersebut akan tetap menjadi patron pembangunan perkotaan di masa mendatang. Saya mengharapkan seluruh pemerintah kota di Indonesia mendukung program pembangunan perkotaan Apeksi di masa mendatang,” kata Airin, di Jambi Kamis.

Sementara Ketua Komisariat Apeksi, Ridwan Kamil yang menyampaikan rekomendasi Munas V Apeksi pada kesempatan tersebut mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi tahun ini dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan. Pelaksanaan Rakernas Apeksi di Kota Tangerang Selatan nanti diharapkan dapat dijadikan momentum memperjuangkan harapan kota di seluruh Indonesia terhadap pemerintah pusat

TL/bs