Beranda Politik Airlangga Hartarto Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Golkar

Airlangga Hartarto Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Golkar

314
BERBAGI
Airlangga Hartarto (Foto: Tempo.co)

TERASLAMPUNG.COM — Airlangga Hartarto terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Golkar Periode 2019-2024. Hal tersebut ditetapkan dalam Sidang Paripurna VI, Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta pada Rabu malam, 4 Desember 2019.

“Menetapkan keputusan Munas X Golkar tentang Ketua Umum DPP Golkar masa bakti 2019-2024. Pertama mengangkat dan mengesahkan Airlangga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar masa bakti 2019-2024,” kata Sekretaris Pimpinan Sidang Sarmuji saat membacakan putusan Munas X Golkar.

Keputusan kedua, ketua umum DPP Golkar masa bakti 2019-2024 adalah ketua umum merangkap ketua formatur dengan mandat penuh menyusun personalia Golkar masa bakti 2019-2024.

Keputusan ini diambil setelah seluruh DPD Tingkat I dan DPD Tingkat II se-Indonesia sepakat mengajukan Airlangga Hartarto sebagai calon ketua umum tunggal dalam Munas X.

Selain DPD Tingkat I dan II, seluruh ormas dan organisasi sayap Partai Golkar memilih Airlangga sebagai ketua umum.

Capres 2024

Pada sesi pemandangan umum, sejumlah perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar mendorong Airlangga Hartarto maju di pemilihan presiden 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, mengatakan aspirasi yang muncul dalam Munas tentu akan ditindaklanjuti.

“Kalau para pemilik suara sudah bersepakat mereka menginginkan ketua umum menjadi calon presiden, mungkin itu amanah, amanah yang harus dilakukan oleh Pak Airlangga,” katanya.

Meskipun amanat jadi capres terlalu dini, menurut dia Airlangga harus menuruti amanah tersebut. Sebab, Munas adalah forum pengambilan keputusan tertinggi dari Partai Golkar.

“Kalau itu ternyata sudah disepakati walaupun saya katakan terlalu dini, itu amanat yang harus dilakukan ketua umum nantinya,” ujar Lodewijk.

Menyambut aspirasi tersebut, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa dirinya tentu akan menyerap semua aspirasi. “Itu aspirasi. Ini akan dibahas dalam Munas,” ujar Airlangga di lokasi yang sama.

Tempo.co