Beranda Ekbis Bisnis Ajakan Bergabung di Rumah UKM – OnStore

Ajakan Bergabung di Rumah UKM – OnStore

242
BERBAGI
Subiakto Priosoedarsono
TERASLAMPUNG.COM — Masalah klasik yang dihadapi teman-teman UKM adalah masalah distribusi. Teman-teman penggiat UKM cenderung menggunakan sistim distribusi konvesional yakni Distributor, Wholeseller, Agen, dan retailer seperti yang biasa dilakukan oleh korporasi besar dalam mendistribusikan produk-produknya.

Keluhan yang paling menonjol adalah, bahwa sistim distribusi konvensional itu sudah menelan cost 40% sd 50% dari revenue. Anda sebagai produsen hanya menerima 50%, dipotong COGS (Cost Of Good Sold) atau biaya produksi kira-kira 30%. Sehingga anda sebagai pemilik produk, pemilik merek hanya menerima profit 20%. Itup un masih harus kena pajak PPH.

Hal ini jelas memberatkan pelaku UKM. Saya berusaha mencari jalan keluar atas masalah ini. Bagaimana menghilangkan cost-of-distribution menjadi cost-of-delivery.

Pada dasarnya sistim distribusi dibutuhkan oleh produsen karena 3 hal :
1. Display produk
2. Transaksi jual beli
3. Serah terima barang setelah transaksi

Di era internet ini ketiga hal tersebut sudah bisa dilakukan secara Online. Masalah yang kemudian timbul adalah rata2 Online Shop hanya mendisplay produk anda tanpa mempromosikannya. Tidak ada sales force yang membantu menjualkan produk anda.

Nah, Rumah UKM menemukan partner yang tepat untuk solusi masalah di atas. Sebuah Online Shop yang didukung oleh ribuan reseller dan ratusan ribu tribes yang membantu menjualkan produk anda. Online Shop itu kita beri nama Rumah UKM-ONStore.

Bagi teman-teman UKM yang berminat bargabung dalam RumahUKM-ONStore harap mendaftarkan produknya ke ibu Dwita Y Soewarno melalui email dwitays@gmail.com.

Beberapa teman yang sudah mendaftarkan produk-produknya untuk keperluan Offline-Retail-Chain beberapa waktu lalu akan kami daftarkan ke RumahUKM-ONStore sebagai vendor setelah lulus seleksi.

Salam

Subiakto Priosoedarsono