Beranda News Pers AJI Bandarlampung Gelar Pelatihan untuk Tangkal “Fake News” dan “Hoax”

AJI Bandarlampung Gelar Pelatihan untuk Tangkal “Fake News” dan “Hoax”

237
BERBAGI
Pelatihan AJI Bandarlampung, AJI Indonesa, Google News Lab, dan Internews di Hotel Bukit Randu Bandarlampung,Jumat - Sabtu (16-17 Februari 2018).

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak 20-an jurnalis di Bandarlampung mengikuti pelatihan yang digelar oleh AJI Bandarlampung bekerjasama dengan AJI Indonesia, Google News Lab, dan Internews di Hotel Bukit Randu, Jumat -Sabtu (16-17/2/2018).

Menurut Ketua AJI Bandarlampung,Padli Ramdan, pelatihan dengan fokus  mengasah keterampilan peserta untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang tidak jelas kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

“Tahun ini merupakan tahun politik, hoax akan hadir dan menyerang , dan diharapkan kita sebagai jurnalis penting untuk menangkal hoax ,” kata Padli, Jumat, 16 Februari 2018.

Menurut Padli, pelatihan ini digelar AJI, Google News Lab, dan Internews di 30 kota di Indonesia. Bandarlampung adalah kota kedua yang menjadi tempat pelatihan setelah Jakarta,”

Padli menjelaskan para peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene),analisis dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

“Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat memanfaatkan berbagai jenis tools bermanfaat dalam kerja jurnalistiknya,” jelasnya.

Hadir sebagai pembicara dalam training ini di antaranya Geril dan (AJI Indonesia), Hesti Murti (AJI Indonesia, trainer Google) dan Ari dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Loading...