Beranda News Pers AJI Bandarlampung Gelar Workshop Membuat Konten Media Online

AJI Bandarlampung Gelar Workshop Membuat Konten Media Online

107
BERBAGI
Sabine Torres (berdiri, tengah) saat melatih para jurnalis di Denpasar. (Foto: Ika Ningtyas)

TERASLAMPUNG.COM — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung akan menggelar workshop Membuat Konten bagi Media Online Lokal di Lampung, di  di Hotel Whize Prime, Jalan Ahmad Yani, Bandarlampung, Jumat-Sabtu (5-6 Agustus 2016).

Kegiatan yang AJI Indonesia , D&P Canada, dan CFI itu akan menghadirkan Sabine Torres, pendiri dan direktur Dijonscpoe.com , Prancis,sebagai pelatih.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung, Padli Ramdan, mengatakan workshop ini juga digelar di beberapa kota di Indonesia yang perkembangan media onlinenya dinilai bagus. Antara lain Yogyakarta, Purwokerto, Denpasar, dan Malang.

“Ini kesempatan yang baik buat jurnalis media online khususnya lokal untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan langsung dari ahlinya. Seperti kita tahu geliat media online khususnya yang lokal mulai marak dan hal ini perlu dikelola dengan baik,”kata Padli dalam rilisnya, Jumat (29/7).

Menurutnya, peserta workshop di Lampung ini terdiri dari 15 orang yang merupakan kalangan jurnalis dari berbagai media online lokal setempat. Workshop ini juga terbuka bagi peserta dari luar Lampung, bahkan dua di antaranya dari Bengkulu.

Padli menambahkan, kegiatan di hari pertama diantaranya registrasi peserta, perkenalan, bagaimana menetapkan suatu topik berita online sesuai informasi yang menjadi pusat pemberitaan (trending topic), liputan ke lapangan dan lain sebagainya.

Pada hari kedua, kata Padli, peserta akan diberi tugas mereview berita online, bagaimana menciptakan jurnalistik multi platform dengan menggunakan artikel, foto, dan video, bagaimana membagikan berita online ke media sosial, dan lain sebagainya.

Dia berharap peserta semakin profesional dalam mengelola media online setelah mendapatkan bekal dan pengetahuan yang telah diperoleh dari workshop.

“Harapannya setiap peserta bisa meningkatkan profesionalismenya dalam mengelola dan menjalankan kerja-kerja jurnalistik media online secara benar,” katanya.

Rls

Loading...