Beranda Pendidikan Kampus AJI-Institut Jurnalisme Lampung Beri Pelatihan Menulis Puskamsikham Unila

AJI-Institut Jurnalisme Lampung Beri Pelatihan Menulis Puskamsikham Unila

123
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung bersama Institut Jurnalisme Lampung mengisi pelatihan menulis yang digelar Pusat Kajian Masyarakat Antikorupsi dan Hak Asasi Manusia (Puskamsikham) Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila). Pelatihan tersebut guna meningkatkan kapasitas anggota Puskamsikham.

“Pelatihan ini dalam rangka peningkatan kapasitas anggota terkait pembuatan opini dan analisis perkara tindak pidana korupsi (tipikor),” kata Direktur Puskamsikham Rinaldy Amrullah melalui rilisnya, Rabu (31/7/2019).

Pria yang sedang menempuh pendidikan doktor itu mengatakan, pihaknya ingin anggota Puskamsikham memiliki kemampuan menulis yang baik. Sehingga, bisa menghasilkan opini dan karya tulis yang berkualitas terkait penegakan terhadap tipikor, baik tingkat lokal maupun nasional.

Puskamsikham merupakan lembaga pusat kajian yang fokus dalam membahas sekaligus turut serta dalam pencegahan tindak pidana korupsi di Provinsi Lampung. Hal dimaksud antara lain melakukan kajian terhadap tindak pidana korupsi lokal dan nasional, melakukan review di setiap agenda peradilan tipikor, dan melakukan analisis publik atas hasil review persidangan tipikor di Lampung. Kemudian, memberikan rekomendasi kepada penegak hukum untuk mendorong penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi, menyediakan berbagai tim ahli tindak pidana korupsi, membentuk pos pengaduan masyarakat terkait dugaan tindak pidana korupsi, dan lain-lain.

Sementara itu, Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho menyatakan, pelatihan akan berlangsung dua bulan yakni 30 Juli-24 September mendatang. Materi pelatihan berupa penulisan opini dan berita. Adapun trainer dalam pelatihan tersebut di antaranya Yoso Muliawan (AJI Bandar Lampung) dan pembicara tamu.

“Kami menyambut baik ide Puskamsikham yang mengadakan pelatihan menulis. Terlebih, belum banyak penulis dengan latar belakang akademisi dan mahasiswa di Lampung yang concern terhadap persoalan korupsi,” ujarnya.

Pada pelatihan tersebut, AJI Bandar Lampung menggandeng Institut Jurnalisme Lampung. AJI Bandar Lampung turut dalam pembentukan badan tersebut. Institut jurnalisme merupakan badan yang menaruh perhatian terhadap media dan jurnalisme.

Loading...