Beranda Teras Berita Akan Bertransaksi Narkoba, Ucok Ditangkap Polisi

Akan Bertransaksi Narkoba, Ucok Ditangkap Polisi

710
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

Tersangka kasus narkoba diperiksa Polresta Bandarlampung 22 Februari 2015. (Ilustrasi)

BANDARLAMPUNG-Pengedar narkoba, Rudi Saputra alias Ucok (30) warga Jalan Dosomuko, Kelurahan Kampung Sawah Brebes, Tanjungkarang Timur ditangkap petugas Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandarlampung saat akan bertransaksi dengan barter narkoba di Jalan Lobak, Kelurahan Jagabaya II, Sukabumi, Bandarlampung, Sabtu (6/6) malam sekitar pukul 21.00.

Kasat Reserse Narkoba Polresta Bandarlampung, Kompol Mantoni Tihang melalui Kanit I Iptu Herlan Arfa mengatakan, Tersangka yang biasa dikenal dengan nama Ucok ini ditangkap saat akan melakukan transaksi narkoba.

Penangkapan tersangka, berdasarkan informasi masyarakat. Bahwa di Jalan Lobak, Kelurahan Jagabaya II, Sukabumi akan ada transaksi narkoba. Tempat tersebut, kerap dijadikan untuk transaksi dan peredaran narkoba.

“Dari informasi itu kami langsung melakukan penyelidikan dilokasi yang dimaksud dengan melakukan penyamaran (under cover buy) dan melakukan penangkapan terhadap tersangka Ucok. Saat digeledah, ditemukan dua paket kecil sabu dan satu butir pil ekstasi,” kata Herlan, Minggu (7/6).

Dari keterangan tersangka, Herlan menuturkan, barang bukti sabu sabu dan ekstasi didapat tersangka Ucok dari temannya berinisial AR (DPO) dengan cara membeli sebesar Rp 600 ribu. Rencananya, dua paket kecil sabu-sabu dan satu butir pil ekstasi tersebut akan dibarter oleh tersangka Ucok dengan daun ganja kering milik rekannya. Tersangka bukan hanya mengedarkan sabu dan ekstasi saja, melainkan mengedarkan ganja.

“Pengakuannya, sabu dan ekstasi itu mau ditukar dengan seperempat ons ganja. Jadi Ucok ini mau barterlah dengan temannya, dia (Ucok) mengaku baru dua kali membeli sabu dan ekstasi dari AR (DPO). Tersangka Ucok ini, selain sebagai pengedar tersangka juga sebagai pengguna narkoba. Kasus ini masih kita kembangkan dan petugas masih memburu AR sebagai pemasoknya”jelasnya.

Ditambahkannya, selain menangkap tersangka Ucok pihaknya juga melakukan penangkapan dua tersangka lain pengguna sabu-sabu, Carmanto (25) warga Jalan Pulau Ternate, Kelurahan Jagabaya II, kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung, yang merupakan tukang gosok batu cincin di Gunung Sulah dan tersangka Sugianto (30) tukang servis mesin cuci warga Jalan Pulau Morotai, kelurahan Tanjung Baru, Sukabumi, Bandar Lampung.

Kedua tersangka ditangkap saat sedang mengkonsumsi sabu-sabu di sebuah rumah bedeng yang berada di Jalan H. Said, kelurahan Jagabaya II, kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung, sekitar pukul 22.30 WIB. Dari tangan kedua tersangka, ditemukan satu pastik klip kecil berisi Kristal putih yang diduga sabu sabu, seperangkat alat isap (Bong) dan dua buah korek api gas.

“Sabu-sabu itu didapat kedua tersangka, dengan cara membeli dari temannya berinisial DD (DPO) seharga Rp200 ribu/paket. Dari pengakuannya, sabu-sabu itu dibeli hanya untuk digunakan sendiri tidak untuk dijual lagi dan tersangka baru dua kali menkonsumsi sabu-sabu,”tandasya.

Akibat perbuatannya para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) sub Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

Loading...