Akhirnya Gaji 13 PNS Pemkot Bandarlampung Cair Hari Ini

  • Bagikan
Ilustrasi uang

TERASLAMPUNG.COM — Gaji ke-13 yang selama ini ditunggu-tunggu para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemkot Bandarlampung selama dua bulan akhirnya dicairkan hari ini ( 2/9/2021).

BACA:  PNS di Bandarlampung Keluhkan Gaji ke-13 tak Kunjung Cair

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Ahmad Nurizki melalui yang diterima teraslampung.com menjelaskan, pencairan gaji ke 13 tersebut diungkapkan Walikota Eva Dwiana yang mengatakan pada hari ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) tengah memproses pencairannya.

“Ya hari ini gaji ke-13 cair, sekarang lagi proses di BPKAD. Pencairan langsung di transfer ke ke rekening masing-masing,” jelasnya kepada teraslampung.com.

Kadis Kominfo Bandarlampung tidak menjelaskan soal keterlambatan gaji ke-13. Ia hanya mengungkapkan bahwa anggaran untuk membayar gaji  ke-13 bagi PNS di Lingkungan Pemkot Bandarlampung yang sebanyak 8.000 orang sebesar sebesar Rp40 miliar.

“Semoga dengan cairnya gaji 13 ini dapat memberi tambahan semangat kepada pegawai dalam menjalankan tugasnya sebaik mungkin,” kata Kadis Kominfo Kota Bandarlampung Ahmad Nurizki.

Sebelumnya lambatnya pencairan gaji ke-13 menjadi bahan curhat para ASN Bandarlampung. Bahkan, curhat itu ada yang tersebar di media sosial dan media online.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Bandarlampung resah, hingga bulan Agustus gaji ke 13 belum diterima, padahal dana itu dibutuhkan bagi kebutuhan pendidikan anak-anak mereka

Seorang PNS yang enggan disebutkan namanya mengatakan, gaji ke 13 itu biasanya untuk menutupi biaya anak sekolah dan sudah dibayarkan pada bulan Juni atau paling telat akhir bulan Juni.

“Gaji ke 13 itu untuk biaya anak sekolah, untuk menutupi kebutuhan biaya anak-anak saya yang di universitas dan sekolah swasta saya harus pontang-panting cari pinjaman sebesar Rp7 juta,” jelasnya.

“Nah, minjam uang itu kan ada fee-nya . Ya terpaksa itu saya lakukan daripada anak saya malu karena belum membayar uang sekolah,” tambah PNS itu.

Menurutnya, kalau gaji ke 13 dibayar dia bisa menerima hampir Rp6 juta. Uang sebanyak itu untuk membayar utang pun masih kurang.

Hal yang sama dikeluhkan Harapan (bukan nama KTP). Dia juga berharap dengan turunnya gaji ke 13 dia bisa menutupi kebutuhan biaya pendidikan anaknya.

Banyak pihak meyakini pencairan gaji ke-13 di Pemkot Bandarlampung karena sudah ada instruksi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian agar Pemkot segera mencairkan gaji ke-13.

Dandy Ibrahim

  • Bagikan