Beranda Politik Akhirnya Terbukti, Bakhtiar Basri “Tertendang” dari Kursi Ketua PAN Lampung

Akhirnya Terbukti, Bakhtiar Basri “Tertendang” dari Kursi Ketua PAN Lampung

3524
BERBAGI
Zaenudin Hasan (kanan) terpilih sebagai Ketua DPW PAN Lampung pengganti Bachtiar Basri dalam Muswil Luar Biasa yang digelar Minggu (17/9/2017).

TERASLAMPUNG.COM — Hanya dalam hitungan hari dan tak banyak internal DPW PAN Lampung yang tahu sebelumnya, tiba-tiba Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung menggelar  Muswil Luar Biasa (Muswiillub), di Swisbell Hotel, Minggu (17/9/2017). Muswil yang tanpa dihadiri Ketua DPW PAN Lampung iitu mendepak Bachtiar Basri dari jabatannya.

Muswil menyepakati Zainudin Hasan, Bupati Lampung Selatan yang juga adik kandung Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, sebagai Ketua DPW PAN Lampung.

Meskipun bernama Muswillub, tidak semua pengurus PAN bisa masuk ke arena musyawarah. Jangankan wartawan, kader atau pengurus PAN yang tidak diundang pun tidak boleh masuk ke arena Muswillub. Hanya undangan resmi yang diperbolehkan masuk.

Sebelum menetapkan Zainudin Hasan, forum Muswillub terlebih dahulu menetapkan lima anggota formatur. Mereka adalah, Zainudin Hasan unsur DPP PAN, Iswan Hendicaya unsur DPW PAN, dan tiga unsur DPD PAN, yakni Wahyu Lesmono, Rozali, dan Tedi Kurniawan.

Rapat Muswillub PAN Lampung dipimpin oleh Iswan Hendicaya dengan agenda pemilihan Ketua DPW PAN Lampung.

Sementara, dihubungi terpisah, Wakil Sekjend DPP PAN, Edi Agus Yanto mengatakan, Muswil DPW PAN Lampung yang digelar itu karena menghadapi verifikasi partai politik jelang pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Menurut dia, Muswil PAN ini bukan hanya dilakukan di Lampung saja melainkan ada enam DPW PAN yang diminta untuk menggelar Muswil luar biasa agar menghasilkan Ketua definitif.

“Jadi begini, Muswil PAN itu bukan hanya Lampung saja tapi ada enam provinsi. Dan ini karena menghadapi verifikasi faktual. Karena dalam verifikasi itu tidak diperbolehkan adanya Plt Ketua,” kata dia, Minggu (17/9/2017).

Menurut Edi, enam provinsi yang hingga saat ini memliki Plt Ketua dan diharuskan menggelar Muswil Luar Biasa itu yakni, Lampung, Gorontalo, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Barat, Sumatera Utara.

“Karena DPW PAN Lampung dijabat Plt maka perintah DPP harus menggelar Muswil,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Edi Agus Yanto juga membantah bila pelaksanaan Muswil PAN itu berkaitan dengan menghadapi Pilgub Lampung.

“Muswil PAN Lampung ini tidak ada kaitannya dengan Pilgub Lampung, itu yang harus dipahami. Yang jelas dalam verifikasi partai politik tidak boleh ada Plt Ketua,” katanya.

“Tertendangnya” Bachtiar Basri dari kursi Ketua PAN Lampung seperti membenarkan rumor yang beredar sejak beberapa hari terakhir. Awalnya beberapa hari lalu berkembang kabar DPP PAN mengeluarkan rekomendasi bagi Arinal Djunaidi untuk maju sebagai calon Gubernur Lampung pada Pilgub 2018.

Saat kabar simpang siur masih bergulir, santer beredar kabar PAN akan menggelar Muswil. Publik di Lampung memprediksi akan ada pergantian Ketua DPW PAN Lampung pada arena Muswil tersebut. Dugaan itu pun terbukti hari ini.

TL/ILS

Loading...