Aksi Teatrikal Warnai Upacara Peringatan Hari Juang Kartika

  • Bagikan
Aksi teatrikal prajurit Yonif 143 TWEJ pada Hari Juang Kartika di Lapangan Enggal, Senin pagi (15/12).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com –Aksi teatrikal prajurit dari Yonif 143 TWEJ Lampung dengan latar belakang Pertempuran Ambarawa mewarnai Upacara Hari Juang Kartika, di Lapangam Enggal, Bandarlampung, Senin (15/12) Aksi teatrikal ini hasil latihan para prajurit TNI di bawah arahan pelatih Imas Sobarih dari Teater Satu Lampung.  Atraksi itu memukai seluruh peserta upacara, termasuk Inspektur Upacara, Kolonel Winarto.

Inspektur Upacara,  Danrem Garuda Hitam Kolonel Winarto, menyatakan tentara bukanlah  suatu golongan  di luar masyarakat.  Tentara  tidak lain dan tidak lebih yang mempunyai  kewajiban  mempertahankan kedaulatan negara RI  dan keselamatannya.

“Sebagai tentara disilplin harus  dipegang teguh, tunduk kepada pimpinan  adalah  kekuatan tentara,” kata Danrem Garuda Hitam Kolonel ARM Winarto, saat membacakan amanat Panglima Besar Jend.Sudirman Hari  Juang Kartika,  di Lapangan Enggal Bandarlampung, (Senin, 15/12).

Menurut Danrem, tentara akan mempertahankan  Republik Indonesia. “Jangan sekali-kali mengingkari janji mempertahankan bangsa. Tentara harus  maju sebagai kusuma bangsa. Tentara akan timbul dan tenggelan bersama rakyat. Tentara wajib berideologi .dan berjuang terus. Insya Allah Tuhan YME melindungi perjuangan kita semua. Tidak akan bermanfaat apabila janji dan tekad ini tidak kita amalkan dengan kegiatan yang nyata,” tandasnya.

Sementara ketika membacakan amanat Kepala Staf AD Jend. Gatot Nirmanto, Danrem mengatakan Hari Juang Kartika  momentum instrokpeksi dan masaw diri dalam menjalankan tugas.

“Berbagai keberhasilan TNI AD tentu tidak terlepas atas pimpinan dahulu di AD yangg didukung oleh seluruh prajurit AD.Bahwa prajurit bukan tentara sewaan dan bayaran hanya untuk kepentingan bangsa dan negara . TNI tidak melakukan politik praktis sejak dilahirkan yang akan menjadi terkotak-kotak,” kata Danrem.

Selain dihadiri prajurit TNI, Upacara HUT Juang Kartika bertema “Bersama rakyat TNI kuat bersama TNI AD Rakyat Damai dan Sejahtera” itu juga dihadiri anggota FKPPI, PNS, dan KNPI.

Dalam kesempatan ini juga Danrem juga  memberikan penghargaan kepada siswa SMA pemenang lomba baca puisi dan menyanyi.

Mas Alina Arifin

  • Bagikan
You cannot copy content of this page