Aktivis Lingkungan-Politikus Nasdem Emmy Hafild Meninggal Dunia

  • Bagikan
Emmy Hafild/dok inestor.id

TERASLAMPUNG.COM — Mantan Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan Mantan Direktur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara, Nurul Almy Hafild (Emmy Hafild), meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 3 Juli 2021.

Menurut Direktur Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak, aktvis yang juga Ketua DPP Partai Nasde itu meninggal dunia pada pukul 21.17 WIB.

“Rencananya jenazah akan dimakamkan pada Minggu 4 Juli 2021 pukul 10.00 WIB di Tempat Pemakamam Umum (TPU) Tanah Kusir,” tutur Leonard.

Emmy Hafild lahir 3 April 1958 silam. Wanita yang sudah puluhan tahun berkutat di dunia gerakan lingkungan itu pernah dinobatkan sebagai Pahlawan Planet oleh Majalah Times pada 1999.

BACA JUGA:   Terkait Gratifikasi, Bupati Mojokerto Ditahan KPK

Berdasarkan laman alumniipbpedia.id, pada 1996 sampai 2001, Emmy menjabat sebagai Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) serta Forum Lingkungan Hidup Indonesia.

Kabar meninggalnya Emmy juga disampaikan oleh Ketua DPP NasDem Taufik Basari melalui cuitan di akun Twitter-nya. Ia menceritakan selama beberapa tahun ke belakang, Emmy berjuang melawan kanker.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun, mbak Emmy Hafidz, Ketua DPP Partai @NasDem bidang Maritim, mantan Direktur Eksekutif Walhi, aktivis perempuan dan lingkungan hidup telah meninggalkan kita. Duka yg mendalam. Terima kasih perjuanganmu untuk Indonesia,” cuit Taufik.

TEMPO

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan