Akun Facebook Eva Dwiana Diretas, Ini Penjelasannya

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Akun Facebook Wali Kota Bandarlampung diretas orang tidak bertanggung jawab. Hal itu terungkap dalam unggahan yang dilakukan Eva Dwiana melalui akun Instagram, Kamis (9/12/2021).

Melalui Instagram,  Walikota Eva Dwiana percakapan akun Facebook yang mengatasnamakan dirinya dan meminta kode verifikasi One Time Password (OTP) WhatsApp.
Percakapan Facebook yang mengatasnamakan Eva Dwiana tersebut diunggah pada akun Instagram resmi Eva Dwiana pada Rabu 8 Desember 2021.

Pada keterangan postingan tersebut, Walikota Bandarlampung, meminta siapa pun tidak dengan mudah menyerahkan kode untuk WhatsApp, terlebih mengatasnamakan Bunda Eva.

“Assalamualaikum Wr.Wb. Beberapa hari terkahir, terdapat akun Facebook yang mengatas namakan Bunda dan meminta nomor Whatsapp,” kata Walikota Bandar Lampung dalam postingan Instagram nya.

Wali Kota Bandar Lampung juga menegaskan bahwa akun Facebook tersebut merupakan akun palsu. “Perlu Bunda sampaikan, bagi pengguna media sosial jangan pernah mudah memberi nomor handphone kepada siapa pun termasuk akun palsu yang mengatasnamakan Bunda dan juga membagikan kode enam angka untuk melakukan verifikasi,”

Eva mengatakan bahwa kode verifikasi WhatsApp berupa enam angka merupakan kode rahasia. Modus ini sering digunakan untuk membajak akun WhatsApp.

“SMS berisi enam angka tersebut merupakan kode verifikasi dari WhatsApp. Para pelaku kejahatan tersebut sedang berusaha untuk membajak atau mengambil alih akun WhatsApp bapak/ibu,” ungkapnya.

“Sekali lagi, jangan pernah mudah memberikan nomor HP kepada orang yang baru dikenal apalagi mengatasnamakan Bunda,” tegasnya.