Beranda News Nasional Ali Masykur Impikan Perpaduan Bung Karno-Gus Dur

Ali Masykur Impikan Perpaduan Bung Karno-Gus Dur

163
BERBAGI

JAKARTA, teraslampung.com–Ketua Umum Ikatan Sarjana NU Ali Masykur Musa memimpikan pemimpin yang memiliki perpaduan karakter kedua mantan Presiden, yakni Soekarno (Bung Karno) dan Abrurrahman Wahid (Gus Dur).

“Saya memimpikan Bung Karno yang memiliki komitmen hidupnya selalu untuk negara dan Gus Dur yang terkenal akan pluralismenya,” kata Ali dalam sebuah diskusi di Jakarta, Ahad.

Menurut Ali Masykur kedua tokoh tersebut sangat melekat di hati rakyat Indonesia, meski telah lama meninggal dunia. Anggota Badan Pengawas Keuangan itu juga mengatakan saat ini sulit mencari pemimpin yang seperti kedua tokoh tersebut.

“Visi-misinya, orang selalu ingat. Bung Karno meskipun ‘kenyang’ di penjara, tetapi konsisten hidupnya untuk negara, begitu pun dengan Gus Dur tetap dengan pluralismenya, meski dia diserang oleh kaumnya sendiri,” ujarnya.

Menurut Ali,  Presiden bisa dicari, tapi kalau pemimpin sulit. Untuk menghadirkan pemimpin, kata dia, kuncinya negara harus hadir untuk melihat event, momen, dan problem.

“Dan selama ini negara absen,” tegasnya.

Menurut dia, pemimpin yang ideal harus memiliki perpaduan antara kapabilitas, popularitas dan komitmen.

“Sayangnya, calon-calon pemimpin di negeri ini, hanya mengejar salah satunya, seperti yang paling marak popularitas, tapi tidak diimbangi dengan komitmennya,” katanya.

Menjelang 2014, menurut dia, Indonesia mengalami masa transisi yang krusial apakah akan terjebak ataukah akan bangkit dari berbagai keterpurukan.

“Kalau Indonesia mampu keluar dari cengkraman keterpurukan dan defisit kebangsaan, saya yakin Indonesia akan menjadi ‘mercusuar’ dunia karena tidak ada satu pun negara yang memiliki sumber penerimaan seperti Indonesia,” katanya.

Sumber: NUonline

Loading...