Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Aliansi Masyarakat Lampung Utara Demo Tolak RUU HIP

Aliansi Masyarakat Lampung Utara Demo Tolak RUU HIP

492
BERBAGI
Suasana demonstrasi menuntut pencabutan RUU HIP yang dilakukan oleh gabungan elemen masyarakat Lampung Utara, Rabu (8/7/2020).
Suasana demonstrasi menuntut pencabutan RUU HIP yang dilakukan oleh gabungan elemen masyarakat Lampung Utara, Rabu (8/7/2020).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Ratusan warga dari pelbagai elemen ‎di Lampung Utara mendesak DPR RI untuk mencabut Rancangan Undang – Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Desakan ini mereka sampaikan di gedung DPRD Lampung Utara, Rabu (8/7/2020).

“RUU HIP harus dicabut oleh DPR RI khususnya oleh fraksi atau partai yang menginisiasi RUU‎ HIP itu,” tegas Sabirin, perwakilan dari Front Pembela Islam yang turut tergabung dalam aksi yang menamakan Aliansi Suara Masyarakat Lampung Utara saat berorasi.

Alasannya penolakan ini dikarenakan RUU HIP sangat berpotensi melemahkan Pancasila sebagai dasar negara dan memecah – belah bangsa dan umat beragama. Selain itu, RUU HIP ini juga akan Pancasila tercampur aduk karena akan diperas menjadi Trisila dan Ekasila.

“Jika terus dibiarkan, RUU HIP ini juga akan melemahkan keimanan dan ketaqwaan setiap umat beragama dan membuka kembali peluang ‎munculnya partai komunis di Indonesia,” paparnya.

Di tempat sama, Imausyah, perwakilan LSM GMBI mengatakan, tidak ada pilihan lain bagi DPR RI untuk tidak membatalkan RUU tersebut. RUU ini akan merusak seluruh sendi – sendi masyarakat sehingga dapat bermuara dapat terganggunya stabilitas keamanan.

“Tolak dan cabut RUU HIP yang dibuat oleh Panitia Kerja DPR RI,” tegas dia.

Dalam tuntutannya, Aliansi Suara Masyarakat Lampung Utara‎ juga meminta kepada Presiden RI untuk menolak seluruh RUU yang berpotensi memecahkan Pancasila. Mereka juga meminta aparat penegak hukum untuk mengusut dan memroses secara hukum para inisiator dan konseptor RUU HIP. Seluruh alat, simbol, gambar komunis atau PKI juga diminta untuk diproses secara hukum.

Aliansi suara masyarakat Lampung Utara ini merupakan gabungan dari 34 elemen masyarakat, di antaranya HMI, FPI, SMSI, PP, KBTM, GMBI, muda – mudi demokrat, Ikadi, Srikandi PP, Pemuda Muhammadiyah.

Loading...