Anak Lampung Berprestasi Indonesia

  • Bagikan

Rini Kurniawati/Lampung Peduli

BANDARLAMPUNG – Kemudahan mengakses pendidikan berkualitas hingga perguruan menjadi impian setiap anak bangsa. Namun, karena kendala ekonomi keluarga, misalnya, tidak semua orang memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menteri Pendidikan, M. Nuh mengungkapkan, tahun 2014, sebanyak 2.804.664 siswa yang lulus SMA. Sedangkan sampai pendaftaran SNMPTN ditutup 8 Juni 2014, hanya 664.509 orang yang mendaftar. Artinya lebih dari 70% lulusan SMA sederajat tidak melanjutkan pendidikan ke PTN di nusantara! Utamanya siswa berkualitas yang berada di “daerah”.

SMART Ekselensia Indonesia (SEI), sekolah menengah berasrama yang didanai umat melalui DOMPET DHUAFA (DD) menjawab tantangan dengan memfasilitasi siswa-siswa terbaik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas hingga perguruan tinggi. Tak terkecuali siswa-siswa berprestasi asal Lampung. Sejak tahun 2006, LAMPUNG PEDULI menjadi mitra SEI di Lampung.

Hingga 2014, tercatat 21 putra Lampung terpilih di SMART Ekselensia Indonesia. Enam di antaranya sudah lulus dan tengah merampungkan pendidikannya di PTN ung-gulan. Tahun ini empat orang lulus dan dua di antaranya sudah mencatatkan namanya di dua PTN terbaik negeri ini.

Fathan Nuradin, putra Lampung asal Lampung Tengah diterima sebagai mahasiswa Teknik Elektro ITB. Sementara Jaya Hadi Saputra, rekan Fathan dari Metro, diterima jurusan Akuntansi Universitas Padjadjaran.

Sebelumnya, Fathan dan Jaya sering berpartisipasi dalam kompetisi hingga tingkat nasional. Di antaranya Kompetisi Sidang Asian Tingkat Nasional dan menjadi perwakilan Olimpiade Fisika tingkat nasional. Tak kalah membanggakan, Jaya menjadi peraih nilai UN tertinggi IPS di SEI.

“Alhamdulillah kami mengenal LAMPUNG PEDU-LI dan SEI-DD,” ungkapnya kepada LAMPUNG PEDULI. “Prestasi anak-anak Lampung ternyata bisa bersaing di Indonesia. Mohon doanya Fathan bisa menjalani pendidikan lanjutannya dengan baik,” harapnya dengan binar kebanggaan.

Umaruddinul Islam, manajer LAZ LAMPUNG PEDULI mengapresiasi capaian siswa SEI asal Lampung ini. “Anak daerah, pasti bisa berprestasi jika diberi kesempatan. Karena itulah LAMPUNG PEDULI hadir untuk mendekatkan SEI sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat duafa secara luas. Mohon doanya juga agar dua anak Lampung yang sedang berjuang untuk diterima di PTN lewat jalur ujian tulis diterima di jurusan yang baik,” harapnya.

Tahun ajaran kali ini Lampung  menempatkan empat putra daerahnya dalam program Pendidikan bersama SEI.  


Editor: Juperta Panji Utama
  • Bagikan