Beranda News Pemilu 2019 Anang dan Andi Surya Gagal, Ini 4 DPD RI Dapil Lampung Terpilih

Anang dan Andi Surya Gagal, Ini 4 DPD RI Dapil Lampung Terpilih

1998
BERBAGI
Jihan Nurlela

TERASLAMPUNG.COM — Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara yang digelar KPU Lampung pada 9-12 Mei 2019, empat calon DPD RI dari daerah pemilihan (Dapil) Lampung memperoleh suara terbesar. Mereka pun berhak atas 4 kursi DPD RI untuk mewakili Lampung.

Keempat calon anggota DPD RI asal Lampung yang meraih kursi pada Pemilu 2019 adalah: Jihan Nurlela, Abdul Hakim, Ahmad Bastian, dan Bustami Zainudin.

K,H. Abdul Hakim

Jika dilihat dari segi komposisi calon aggota DPD RI asal Lampung terpilih tersebut bisa dikatakan tidak ada satu pun calon yang berlatar belakang independen. Keempatnya berasal dari parpol atau setidaknya berafiliasi atau dekat dengan partai politik yang juga ikut Pemilu 2019.

Jihan Nurlela yang diketahui merupakan adik kandung Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, tidak bisa dimungkiri dekat dengan PKB. Chusnia adalah Ketua PKB Lampung.

Ahmad Bastian

Abdul Hakim adalah kader PKS dan pendiri Partai Keadilan (PK, sebelum akhirnya berubah menjadi PKS) di Lampung. Ahmad Bastian juga diketahui dekat dengan PAN. Sedangkan Bustami Zainudin adalah kader PDIP.

Terpilihnya empat wajah baru DPD RI asal Lampung ini sekaligus mengakhiri dominasi anggota DPD petahana yang selama ini diyakini memilih basis pendukung yang kuat, yaitu Anang Prihantoro dan Andi Surya.

Bustami Zainudin

Dua sosok ini pun juga memiliki kedekatan dengan parpol. Anang dekat dengan PDIP, sedangkan Andi Surya dengan Hanura.

 

Loading...