Anda Berkulit Putih? Waspadailah Kanker Kulit!

Bagikan/Suka/Tweet:

BANDARLAMPNG, Teraslampung.com – Jangan remehkan kanker kulit. Itulah peringatan yang baru-baru ini dilansir sejumlah ahli melalui laman moelledermatology.com. Meski tidak terlalu berbahaya, kanker kulit bisa merampas kebahagiaan penderitanya. Utamanya adalah jika kanker kulit itu tidak segera ditangani.

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa seseorang yang berkulit putih  berisiko terkena kanker kulit lebih tinggi dibanding mereka yang berkulit lebih gelap. Orang berkulit putih cenderung lebih berisiko sebab mereka memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit ketimbang orang berkulit hitam.

Dengan terjadinya cuaca ekstrem dan gejala pemanasan global, sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri kanker kulit agar dapat melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit mematikan ini, atau bahkan untuk melakukan pengobatan dini.

Contoh kulit yang terserang kanker. 

Ciri-ciri kanker kulit yang pertama adalah adanya tumor atau tompel atau benjolan yang dapat terlihat dari luar. Inilah yang menyebabkan kanker kulit cenderung memiliki risiko kematian paling sedikit, sebab ciri-cirinya bisa dikenali dengan mudah, sehingga pertolongan medis pun bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, kulit juga merupakan organ yang letaknya paling jauh dari organ vital utama manusia, sehingga kemungkinan penyebarannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar, artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya, maka perhatikanlah beberapa hal berikut:

1. Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri dan kanannya terlihat berbeda.

2. Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.

3. Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap di tengah dan warna cokelat muda di bagian pinggir hingga batas tepinya.

4. Besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.

5. Bentuknya yang berubah-ubah jika diamati secara teliti. Untuk membuktikan hal ini Anda bisa mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama Anda mengetahuinya. Kemudian lakukan pengambilan foto pada minggu berikutnya, amati apakah ada perubahan bentuk, warna, atau bahkan ukuran.

Sementara ciri-ciri kanker kulit yang lain adalah dengan adanya benjolan yang terasa gatal atau bahkan sakit jika disentuh. Amati juga bila terdapat luka kecil pada kulit yang terus mengeluarkan darah sehingga cenderung tidak sembuh. Hal ini bisa jadi adalah gejala kanker kulit.

Menurut  moellerdermatology.com, ada empat jenis kanker kulit. Berikut penjelasan keempat jenis kanker tersebut:


Actinic keratosis
Ini adalah jenis kanker kulit  tahap awal. Kanker kulit actinic keratosis ini berbentuk bintik merah yang bersisik. Adanya kanker kulit actinic keratosis banyak ditemui pada kulit sekitar telinga, lengan, tangan, wajah dan area yang sering kena panas matahari.

Basal Cell Carcinoma
Ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum. Ukurannya kecil, ada benjolan berdaging, bercak merah sebagian besar muncul di kepala, leher, dan tangan. Kanker ini tidak tumbuh dengan cepat dan jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya, tetapi dapat merusak secara lokal.

Melanoma maligna
Kanker menyerang sel-sel kulit yang memproduksi melanin, sehingga jika sel kanker menyerangnya dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Skuamosa Cell Carcinoma
Kanker jenis ini biasanya terletak di tepi telinga, wajah, tangan, lengan, bibir dan mulut. Biasanya muncul dalam bentuk benjolan atau berwarna merah pada kulit, bersisik dan tersebar di seluruh permukaan kulit.

Agar kita terhindar dari kanker kulit, ada baiknya kita selalu memperhatikan kesehatan kulit. Janganlah sering mencoba kosmetik atau pelbagai obat pengubah warna kulit, semisal krim pemutih atau penghalus kulit. Sebab, bisa jadi, krim tersebut mengandung zat kimia yang justru akan membuat Anda dihadang petaka.  (Dewira/ds)