Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Anggota DPRD Tangerang Tertarik Empat Program Unggulan Herman HN

Anggota DPRD Tangerang Tertarik Empat Program Unggulan Herman HN

152
BERBAGI
Walikota Herman HN bersama anggota Komisi I DPRD Kota Tanggerang, Jumat, 15 Maret 2019.
Virtual Product March 2019

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Komisi 1 DPRD Kota Tangerang Agus Stiawan tertarik dengan empat program unggulan Walikota Bandarlampung Herman HN.

Ke empat program unggulan walikota itu kesehatan gratis, pendidikan gratis bagi keluarga belum mampu, infrastruktur dan keamanan.

“Dari empat hal program Pak Walikota Bandarlampung itu, terus terang yang saya terinspirasi itu kesehatan gratis berbasis KTP. Kami ingin belajar agar semua masyarakat Tanggerang bisa terlayani soal kesehatannya,” ujar Agus Stiawan usai bertemu dengan Walikota Herman HN, Jumat (15/3).

Dia menambahkan, sebelumnya Kota Tangerang pernah melakukan pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP, karena terbentur aturan diubah ke BPJS.

“Sebelumnya kami pernah melakukan hal yang sama, di sini (Bandarlampung) ternyata kuncinya di Peraturan Walikota (Perwali) ada aturan muatan lokalnya,” ungkapnya.

Selain kesehatan, politisi PDIP itu kagum dengan pendidikan gratis yang dilaksanakankan oleh Pemkot Bandarlampung.

“Selain kesehatan saya kagum juga di bidang pendidikan gratis sampai universitas, meski APBD kami cukup besar kami belum bisa,” kata Agus Stiawan.

Sebelumnya Walikota Herman HN dalam menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi 1 DPRD Kota Tangerang mempresentasikan program-program kerja yang dia kerjakan sejak menjabat Walikota Bandarlampung.

Empat program yang menjadi prioritas Herman HN itu dijelaskannya kepada para anggota DPRD Komisi I  itu.

“Waktu saya menjabat walikota pegangan saya ada empat, pendidikan gratis, kesehatan gratis, infrastruktur dan aman, itu saja,” jelasnya.

Pendidikan gratis bagi masyarakat belum mampu dilaksanakan Herman HN sejak 2011 program tersebut bernama Bina Lingkungan (Biling).

“Sejak tahun 2011 saya menggratiskan pendidikan bagi anak keluarga belum mampu, bahkan hingga universitas. Ada 1.200 mahasiswa dari 3 universitas negeri yang kita biayayi dan dalam waktu dekat ada yang selesai kuliahnya.”

“Kami membiayai hingga selesai di UIN, Unila dan Itera. Kalao misalnya biaya sampe selesai Rp90 juta, langsung kita lunasi,” ungkap Herman HN.

Selain pendidikan walikota juga menjelaskan program kesehatan gratis bagi warga Bandarlampung.

“Kami menganggarkan Rp50 miliar untuk menggratiskan warga yang sakit di semua rumah sakit negeri dan swasta. Mereka (warga yang sakit) dapat dirawat selama lima hari syaratnya hanya KTP dan KK saja dan diberi fasilitas kelas III,” jelas Herman HN.

Dandy Ibrahim

Loading...