Beranda Hukum Antisipasi Masuknya Barang Terlarang dan Penyelundupan Narkoba, KSKP Panjang Perketat Pengawasan

Antisipasi Masuknya Barang Terlarang dan Penyelundupan Narkoba, KSKP Panjang Perketat Pengawasan

645
BERBAGI
Kepala KSKP Panjang, Iptu Ferdiansyah (kanan) bersama anggotanya melakukan pemeriksaan kendaraan dipintu masuk dan keluar Pelabuhan Panjang

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Aparat Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang, melaksanakan giat rutin pengawasan dan pemeriksaan ketat terhadap sejumlah kendaraan dan orang yang akan masuk dan keluar melalui Pelabuhan Panjang, Minggu (19/2/2017). Pemeriksaan tersebut, mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang dan peredaran narkoba.

Pantauan teraslampung.com, tampak terlihat Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang, Iptu Ferdiansyah bersama puluhan anggotanya memimpin langsung melakukan pemeriksaan kendaraan di pintu masuk dan keluar Pelabuhan Panjang. Kendaraan yang diperiksa tidak hanya pengangkut barang saja, kendaraan pribadi pun tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang, Iptu Ferdiansyah mengatakan, pihaknya menggelar razia dan pengawasan ketat terhadap kendaraan yang akan masuk melalui Pelabuhan Panjang melakukan penyeberangan dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok. Begitu juga sebaliknya, pemeriksaan kendaraan yang akan keluar dari Pelabuhan Panjang.

“Pelabuhan Panjang ini, sebagai pintu masuk kedua Pulau Sumatera setelah Pelabuhan Bakauheni. Sehingga kami melakukan pemeriksaan rutin setiap kendaraan, di pintu masuk dan keluar Pelabuhan Panjang,”ujarnya kepada teraslampung.com, Minggu (19/2/2017).

Mantan Kanit II Jatanras Reskrimum Polda Lampung ini mengutarakan, pemeriksaan yang dilakukannya, mengenai kelengkapan surat-surat kendaraan, barang bawaan diduga ilegal tanpa dilengkapi dokumen resmi dan pemeriksaan identitas antisipasi sebagai pelaku terorisme atau DPO pelaku kejahatan.

“Pemeriksaan lainnya, peredaran senjata api, senjata tajam dan juga narkoba. Pemeriksaan tersebut, akan terus kami lakukan,”ungkapnya.

Ferdiansyah menuturkan, sejak diresmikannya tol laut dengan tujuan Pelabuhan Panjang-Tanjung Priok dan sebaliknya, sehingga pengawasan terhadap kendaraan dan orang yang akan melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Panjang ini diperkat dan akan terus dilakukan.

Diakuinya, antisipasi penyelundupan narkoba, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara manual. Harapannya, Pelabuhan Panjang ini juga, bisa memiliki alat yang canggih seperti di Pelabuhan Bakauheni (seaport interdiction).

“Sampai saat ini pemeriksaan kami lakukan secara manual, dengan menerjun 29 anggotanya. Meski belum memiliki alat yang canggih, kami akan terus berupaya melakukan pemeriksaan,”jelasnya.

Menurutnya, sampai saat ini, pihaknya belum menemukan adanya dugaan barang terlarang yang akan diselundupkan melalui Pelabuhan Panjang. Pemeriksaan dikhususkan, terhadap kendaraan yang berplat nomor diluar Lampung

Dikatakannya, pengawasan dan pemeriksaan secara ketat dan rutin tersebut, pihaknya berharap dapat mencegah masuknya barang-barang terlarang atau ilegal dan peredaran narkoba melalui Pelabuhan Panjang.

“Hal ini dilakukan, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Jika terbukti adanya pelanggaran, kami akan menindak tegas,”pungkasnya.