Beranda News Bandarlampung Antisipasi Terorisme, Yusuf Kohar Ingatkan Peran Camat Hingga Ketua RT

Antisipasi Terorisme, Yusuf Kohar Ingatkan Peran Camat Hingga Ketua RT

348
BERBAGI
Rapat Koordinasi Antisipasi Aksi Teror Bom di Ruang Rapat Walikota Bandarampung, Rabu (16/5/2018).
Rapat Koordinasi Antisipasi Aksi Teror Bom di Ruang Rapat Walikota Bandarampung, Rabu (16/5/2018).

Dandy Ibrahim| Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Plt Walikota Bandarlampung Yusuf Kohar menilai pentingnya peran camat, lurah, ketua lingkungan,hingga ketua RT dalam mengantisipasi terorisme. situasi saat.

“Situasi saat ini pentingnya peran RT, lurah dan camat untuk monitoring warganya. Ini deteksi dini agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kota ini,” ujar Yusuf Kohar dalam Rapat Koordinasi Antisipasi Aksi Teror Bom di Ruang Rapat Walikota Bandarampung, Rabu (16/5/2018).

Pentingnya peran RT dan Lingkungan diamini oleh Kepala BIN Lampung Brigjen TNI Daru Cahyono.

Menurutnya, untuk mendeteksi orang – orang memiliki paham radikalisme bagi ketua RT tidak terlalu sulit, mereka biasanya memiliki ciri-ciri.

“Peran ketua RT dalam situasi saat ini sangat penting, ketua RT harus mengetahui siapa dan apa kesibukannya. Untuk mengenalinya juga tidak terlalu sulit, lihat saja kalau 17 Agustusan pasang bendera atau tidak. Nah, jika ada warga yang seperi itu langsung catat,” jelas TNI Daru Cahyono.

Dia juga menginformasiakan Lampung memiliki catatan mengenai gerakan radikal.

“Sebagai pintu gerbang pulau sumatera di Lampung ada banyak mantan NII yang masih mencari kawan, serta mantan Afganistan, Philipinq dan anggota JAD,” ungkap Kabin Lampung.

Sementara itu Kapolres Kota Bandarlampung Kombes Pol Murbani Budi Pitono mengungkapkan situasi keamanan di Kota Bandarlampung aman terkendali bahkan angka kriminalitas mengalami penurunan.

“Angka kriminalitas saat ini menurun.Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang tadinya sehari bisa tiga kini kadang tidak ada,” ungkap Kombes Murbani Budi Pitono.

Meskipun kota Bandarlampung aman, namun pihak kepolisian masih terus meningkatkan keamananya apalagi menurut Murbani selain masalah terorisme ke depan Lampung akan menghadapi pesta demokrasi.

“Tantangan kedepan kita akan melaksanakan pesta demokrasi. Target kami Pemilu berjalan dengan damai dan yang lebih penting lagi bermartabat,” harap Kombespol Murbani Budi Pitono.

Dalam rapat koordinasi itu hadir Dandim Kota Bandarlampung Letkol ARM Didik Harmono, Asisten 3, para Kadis terkait dan Camat se-Bandarlampung.

Loading...