Beranda News Lampung Antisipasi Virus Corona, MUI Lampung Ajak Umat Islam Lakukan Lima Langkah

Antisipasi Virus Corona, MUI Lampung Ajak Umat Islam Lakukan Lima Langkah

553
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung menyampaikan maklumat  untuk seluruh masyarakat Lampung terkait wabah virus vorona. Dalam pengumuman yang disampaikan Ketua MUI Lampung K.H. Khairudin Tahmid dan Sekretas MUI Lampung K.H. Basyaruddin Maisir itu mengajak umat Islam di Lampung melakukan lima langkah.

Pertama, mengajak seluruh umat Islam untuk senantiasa berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memperbanyak taubat dan mohon ampun agar terhindar dari musibah ini. Juga meninggalkan perilaku zalim dan permusuhan karena bisa jadi musibah ini adalah cara Allah SWT agar manusia semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Kedua, mengajak umat Islam untuk berwudu dan bersuci dengan benar dan sempurna serta mencuci kedua tangan secara lebih ekstra menggunakan sabun agar selalu terjaga kebersihannya. “Karena cara tersebut diyakini dapat menjadi menangkal penularan virus corona,” kata pengumuman yang dirilis di laman MUI Lampung, Sabtu  (14/3/2020).

Ketiga, mengajak kepada umat Islam agar senantiasa teguh pada pola hidup Islami dengan makanan, minuman, pakaian dan muamalah demi meraih rida dan perlindungan Allah swt sesuai firman-Nya dalam Alquran Surat Al Baqarah 168 yang artinya ‘Wahai manusia, makanlah apa yang Kami ciptakan di bumi dari segala yang halal yang tidak Kami haramkan dan yang baik-baik’.

Keempat, mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, jangan saling menyalahkan/berbantahan, tidak menyebarkan berita/informasi hoaks atau belum jelas kebenarannya, serta bersama-sama melakukan ikhtiar atau upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona (covid-19) tersebut.

Kelima, berbaik sangka dan percaya sepenuhnya kepada kebijakan pemerintah serta mendukung upaya-upaya terkait pencegahan dan penanganan penyebarluasan virus corona (covid-19) di Indonesia.

Loading...