Beranda News Pusiban Antisipasi Virus Corona, RSU Abdoel Moeloek Siapkan Ruang Isolasi Khusus

Antisipasi Virus Corona, RSU Abdoel Moeloek Siapkan Ruang Isolasi Khusus

206
BERBAGI
Dirut RSU Abdoel Moeloek (paling kiri) pada konferensi pers di Kantor Pemprov Lampung, Selasa (3/3/2020).
Dirut RSU Abdoel Moeloek (paling kiri) pada konferensi pers di Kantor Pemprov Lampung, Selasa (3/3/2020).

TERASLAMPUNG.COM–Terkait adanya dua orang dari Depok yang terinfeksi Virus Covid-19 atau Virus Corona, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung telah menyiapkan ruang isolasi khusus bagi siapa saja yang terkena virus corona di Lampung.

“Ya kami pihak rumah sakit, sudah ada ruang isolasi dan siapa saja yang masuk kita punya standar operasional prosedur tersendiri. Dimana tidak semua orang yang mengalami panas dan batuk, akan dimasukkan ke ruang isolasi,” kata Direktur Utama RSU Abdoel Moeloek, Hery Djoko Subandriyo, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, semua yang masuk dan mengalami probable kasus corona akan diperiksa dengan kontak tanda dan gejala yang spesifik. Apabila nantinya ditemukan ada yang menunjukkan tanda dan gejala, sekalipun dia belum jelas apakah terinveksi akan dilakukan pemeriksaan ulang dan menunggu hasil.

“Perlu ditegaskan, yang dirawat di ruang isolasi ini belum tentu corona. Dalam kesiap siagaan jika memang pasien punya kontak langsung, maka dia akan dimasukkan ke isolasi. Ini untuk mengurangi resiko ke pasien lainnya. Semua sudah siap siaga terkait hal ini. Bisa dikatakan corona, kalau hasil konfirmasi laboratorium sudah ada,” ujar dia.

Meskipun demikian, pihaknya ke depan berharap tidak ada yang terinfeksi virus corona ini. Ia meminta semua pihak, untuk jangan terlalu mudah menginformasikan terkait virus corona ini.

“Jangan sampai ada pemberitaan dan informasi yang belum diketahui kebenarannya, agar tidak menimbulkan kepanikan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, mengatakan selain RSU Abdoel Moeloek, ada tiga RS lain di Lampung yang ditunjuk pemerintah pusat sebagai rumah sakit rujukan pasien suspect virus corona. Yaitu, RSU Bob Bazar Kalianda, RSU Ryacudu Lampung Utaram  dan RS Ahmad Yani Metro.

“Namun, RSU Abdoel Moeloek paling siap karena sudah  karena memiliki ruang isolasi kedap udara, sehingga penularan melalui udara bisa diminalkan,” katanya.

Mas Alina Arifin

Loading...