Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Antisipasi Warga Mudik, Polres Lamsel Perketat Penjagaan di Pelabuhan Bakauheni

Antisipasi Warga Mudik, Polres Lamsel Perketat Penjagaan di Pelabuhan Bakauheni

182
BERBAGI
Pintu masuk Pelabuhan Bakauheni. Foto: Teraslampung/Zainal Asikin

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BAKAUHENI–Untuk mengantisipasi warga yang mudik menjelang Idul Fitri 1441 H, Polres Lampung Selatan bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan memperketat penjagaan di Pelabuhan Bakauheni.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Eddie Purnomo, mengtakan pengetatan penjagaan di Pelabuhan Bakauheni sudah dikoordinasikan dengan Tim Gugus Tugas Lampung Selatan dan sudah disarankan kepada Gubernur Lampung selaku ketua Gugus Tugas Provinsi.

“Kami juga meminta kepada daerah-daerah di wilayah Sumatera agar melakukan penyekatan untuk mencegah warganya supaya tidak mudik ke Pulau Jawa karena akan tertahan di Pelabuhan Bakauheni. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, setiap daerah diharapkan melakukan penyekatan agar warganya tidak mudik,” kata AKBP Eddie Purnomo, Rabu (20/5/2020).

Menurutnya, Gubernur Lampung Arinal Junaidi selaku Ketua Gugus Tugas Provinsi Lampung  telah berkirim surat ke seluruh Gubernur di wilayah Sumatera untuk meminta bantuan kepada para gubernur di Sumatera bisa mencegah dan melarang serta mengendalikan warganya yang hendak mudik ke Pulau Jawa.

“Kepada setiap Provinsi, agar mengoptimalkan titik pengecekan di setiap batas wilayahnya agar warga yang mau pulang kampung ke Pulau Jawa tidak berdatangan dan menumpuk di Pelabuhan Bakauheni,”terangnya.

Sedangkan untuk orang yang diperbolehkan melakukan penyeberangan, harus sesuai dengan kriteria yang disebutkan dalam surat edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 No. 4 Tahun 2020 yakni tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Untuk warga yang memang harus keluar daerah dan akan melakukan penyeberangan, wajib dan harus ada surat keterangan sehat dari daerah asalnya,”pungkasnya.

Dikatakannya, lebih baiknya lagi, jika daerah atau Provinsi tersebut melakukan rapid test terhadap warganya yang memiliki kepentingan khusus untuk bepergian sebelum mereka keluar dari daerahnya.

Loading...