APBD Provinsi Lampung Defisit, Tukin PNS Belum Dibahas

  • Bagikan
Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi
Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi

TERASLAMPUNG.COM — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menyatakan sampai dengan saat ini belum ada pembahasan soal pengurangan  besaran tunjangan kinerja (Tukin).

“Sampai sekarang, soal tunjangan kinerja  belum pada pembahasan. Memang kita menghadapi defisit anggaran. Saat ini masih sesuai dengan aturan. Apakah masuk ke pengurangan atau tidak , karena termasuk masalah harapan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Arinal, Rabu (15/4/2015).

Arinal mengatakan, tunjangan kinerja untuk golongan I, II, III dan IV itu beda.  Hal yang sama juga  terjadi  pada kinerja Sekda  itu seperti apa.  Dihitung  konsekuensi logisnya dengan  tunjangannya yang lebih besar dan  tanggung jawab  dengan kinerja yang besar juga.

Langkah-langkah  yang dilakukan dalam mengatasi defisit anggaran , kata Arinal, dengan melakukan  evaluasi agar pekerjaan subtantif dan  fokus untuk lebih efisien dan menggali sumber potensi PAD daerah Lampung .

“Untuk mengatasi defisit anggaran kita harus efektif dan efisien. Kita juga harus menggali potensi di dearah. Penurunan itu adalah dari pemerintah pusat dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Kita  cari  sumber lainnya.  Misalnya saja ada Program Kerja  C dan dikurangi 30 persen , maka kita bintangkan dulu  dengan harapan APBDP  dapat diselipkan lagi program tersebut,” kata dia,

Arinal mengatakan, saat ini yang terpenting bagaimana membahas tentang  program -program belanja langsung dan tidak.  “Walaupun Tukin  dipotong tidak begitu berpengaruh. Efisiensi itu dilakukan tetapi program tetap dilanjutkan kembali,” katanya.

Mas Alina

  • Bagikan