Beranda News Pilpres 2019 APK Jokowi-Maruf Dicoret dengan Tulisan “PKI”, Seknas Jokowi Lampung Minta Polisi Usut...

APK Jokowi-Maruf Dicoret dengan Tulisan “PKI”, Seknas Jokowi Lampung Minta Polisi Usut Tuntas

2175
BERBAGI
Perusakan baliho Jokowi-Maruf Amin di Tulangbawang, Lampung (dok kompastv)

TERASLAMPUNG.COM — Aksi vandalisme dalam pemilu makin marak di Kabupaten Tulangbawang. Sejumlah alat peraga kampanye dicoreti orang tak kenal dengan tulisan “Jokowi PKI”. DPW Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Provinsi Lampung segera mengusut tuntas kasus ini.

“Kami minta polisi mengusut tuntas. Tangkap perusak demokrasi dan penebar hoax,” kata Ketua Seknas Jokowi Lampung, Siti Noor Laila,Sabtu, 23 Februari 2019.

Laila menegaskan, DPW Seknas Jokowi Lampung mengecam dan mengutuk aksi vandalisme dan perusakan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Presiden Jokowi – Amin oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab di Kecamatan Rawajitu Timur dan Rawajitu Selatan, Kabupaten tulang Bawang, Lampung.

DPW Seknas Jokowi Lampung menilai tindakan vandalisme dan perusakan ini merupakan pelanggaran pidana pemilu berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan mencederai proses demokrasi yang sedang berlangsung. Mereka telah menyebarkan fitnah dan melakukan pencemaran nama baik Jokowi melalui coret-coretannya di APK pasangan Capres Jokowi – Amin dengan tulisan Jokowi PKI.

Mantan Ketus Komnas HAM itu mengatakan, pemilu merupakan pelaksanaan sistem demokrasi, dimana rakyat memiliki hak untuk memilih dan mendukung calon presiden dan wakil presiden, calon DPRRI, Calon DPRD Propinsi dan Calon DPRD Kabupaten/Kota, serta Calon DPDRI.

“Pesta demokrasi ini sebaiknya dilakukan dengan saling menghormati antar peserta Pemilu, memberikan kebebasan rakyat untuk memilih dan memberi ruang yang sama bagi calon untuk mensosialisasikan diri, visi dan misinya. Seperti yang sering disampaikan oleh Presiden Jokowi, hendaknya Pemilu ini digunakan dengan cara yang mendidik kepada rakyat, menyampaikan informasi yang benar bukan hoax, dan dilakukan dengan santun, serta penuh kegembiraan,” kataya.

Oleh karena itu, DPW Seknas Jokowi Lampung meminta kepada Polisi, Penyelenggara Pemilu dan Pengawas Pemilu untuk melakukan penyelidikan dan penegakan hukum atas peristiwa tersebut.

“Kami menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan menyerahkan proses penyelesaian kepada aparat penegak hukum dan pihak-pihak yang berwenang, serta mengajak kepada seluruh pendukung pasangan Capres Jokowi – Amin untuk tidak terpancing dan tetap kerja keras untuk pemenangan Jokowi dengan santun dan gembira,” ujarnya.

Loading...