Beranda News Nasional Apresiasi Proses Pemilihan Ketua MPR, Presiden Sambut Baik Zulkifli Hasan Jadi Ketua...

Apresiasi Proses Pemilihan Ketua MPR, Presiden Sambut Baik Zulkifli Hasan Jadi Ketua MPR

69
BERBAGI
Julian Aldrin Pasha

DENPASAR, Teraslampung.com– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi proses pemilihan usur pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia yang berlangsung Selasa (7/10) hingga Rabu dini hari (8/10). Presiden SBY juga menyambut baik terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR periode 2014-2019.

“Beliau (Presiden SBY) memberikan apresiasi terhadap proses yang sudah berjalan tersebut.
Presiden menyambut baik terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR  karena beliau percaya pada proses dan mekanisme yang ada dalam pemilihan Ketua MPR,” kata juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, sesaat setelah mendarat bersama rombongan kepresidenan, Rabu (8/10) sore.

Presiden SBY sendiri ke Bali untuk membuka Bali Democracy Forum (BDF) VII.

Menurut Julian, pada Selasa kemarin, Presiden SBY memimpin upacara peringatan HUT ke-69 TNI di Surabaya. Namun, Presiden SBY tetap mengikuti secara tidak langsung proses-proses yang berjalan dalam pemilihan pimpinan MPR tersebut.

Pada  Sidang Paripurna MPR Rabu dini hari (8/10) para anggota MPR telah memilih dan menetapkan  pimpinan MPR periode 2014-2015.

Proses pemilihannya sendiri berlangsung panjang dan alot, dimulai sejak kemarin pagi dan berakhir dini hari tadi melalui proses voting. Adapun susunan pimpinan MPR yang baru tersebut adalah Ketua Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nurwahid, dan Oesman Sapta Odang. Mereka merupakan paket yang diusulkan oleh Koalisi Merap Putih.

Kemenangan Zulkifli Hasan, politikus asal Kalianda, Lampung Selatan, dikabarkan ada campur tangan SBY. Beberapa jam sebelum proses voting dilakukan, ketua umum PAN yang juga besan SBY, Hatta Rajasa, melobi SBY. Dukungan Partai Demokrat pun kemudian mengalir penuh ke kubu Zulkifli Hasan sehingga Menteri Kehutanan itu unggul suara dibanding Oesman Sapta Odang.

Bambang Satriaji

Loading...