Arinal Ajak Petani Lampung Utara Pertahankan Kebun Lada

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Calon Gubernur Arinal Djunaidi mengajak para petani di Lampung Utara tetap mempertahankan kebun lada yang dulu pernah menjadi primadona Lampung. Arinal mengaku prihatin kebun lada di Lampung Utara makin menyusut.

“Hampir semua kebun lada di sini sekarang sudah jadi kebun karet dan sawit,” kata Arinal, saat menyapa warga dalam rangka sosialisasi pencalonan dirinya sebagai calon gubernur Lampung, di di Dusun Wonijoyo, Desa Trimodadi, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Sabtu malam (12/8/2017).

Mantan Sekdaprov Lampung itu mengatakan, hampir sebagian besar lahan perkebunan lada di Lampung Utara saat ini berubah menjadi perkebunan karet dan sawit.

Terkait hal tersebut Mantan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Lampung itu menegaskan seharusnya Pemprov Lampung dan Pemda Lampung Utara dapat meminimalisir pergantian dan perluasan lahan karet dan sawit dengan tetap mempertahankan perkebunan Lada sebagai ciri khas kabupaten berjuluk Lampura Sikep.

Di hadapkan ribuan warga Desa Trimodadi Kabupaten Lampung Utara Calon Gubernur Lampung Periode 2019-2024 Arinal Djunaidi berjanji akan mempertahankan dan kembali memperluas lahan perkebunan lada sebagai ciri khas Kabupaten Lampung Utara dan Provinsi Lampung.

Ketua DPD Partai Golkar Lampung ini menceritakan, ia teringat Kabupaten Lampung Utara ini wilayah perkebunan.

“Nakao, itu perkebunan karet, artinya lahan ini lahan karet,” kata Arinal.

Selain wilayah penghasil karet, kata Arinal, Kabupaten Lampung Utara dulu merupkan penghasil lada terbaik di Indonesia.

“Hanya dua provinsi penghasil Lada terbaik yang ada di Indonesia, yaitu Provinsi Lampung tepatnya di Kabupaten Lampung Utara dan Provinsi Bangka Belitung. Lada tidak ada saingannya, maka Lada harusnya menjadi prioritas, pangsa pasarnya bagus, tidak rumit,”  katanya.

Mantan Kadis Perkebunan Lampung ini menuturkan  penyakit yang banyak menyerang tanaman Lada adalah busuk akar. Namun, katanya, peran pemerintah kurang serius membina petani lada, petani dilepas begitu saja, alhasil banyak lahan Lada diganti lahan singkong.

“Saya anak petani, saya sarjana pertanian, saya ahli pertanian dan saya bisa menyelesaikan masalah pertanian,” urai Arinal.

Mantan Sekdaprov Lampung ini berujar, jika ia kelak dipercaya memimpin Lampung, Lada akan ia pertahankan agar Lada tetap ada di Lampung Utara khususnya.

“Demi kepentingan rakyat. Kalo tidak, Lada ini lambangnya hilang,” ujar

Selain mempertahankan perkebunan lada, Arinal juga berjanji akan mengembalikan kejayaan perkebunan lada seperti beberapa tahun silam.

TL/Rl

Loading...
  • Bagikan