Beranda News Internasional AS Veto Resolusi Dewan Keamanan PBB tentang Perlindungan Palestina

AS Veto Resolusi Dewan Keamanan PBB tentang Perlindungan Palestina

420
BERBAGI
Sidang Dewan Keamanan PBB (dok Anadolu/Ilustrasi)

TERASLAMPUNG.COM — Amerika Serikat pada Jumat waktu New York (1/6/2018) memveto resolusi Dewan Keamanan PBB tentang perlindungan Palestina. Sepuluh negara memberikan suara mendukung resolusi, empat abstain (Inggris, Polandia, Belanda dan Ethiopia).

Rancangan Resolusi, yang diajukan oleh Kuwait pada 18 Mei, mengutuk kekerasan Israel dan menyerukan “perlindungan rakyat Palestina” di Gaza dan Tepi Barat.

Resolusi yang direvisi tiga kali itu, sebelumnya menyerukan perlindungan internasional untuk rakyat Palestina.

Draf akhir menyerukan, “pertimbangan langkah-langkah untuk menjamin keselamatan dan perlindungan penduduk sipil Palestina di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk di Jalur Gaza”.

Berbicara sebelum pemungutan suara, Nikki Haley, duta besar PBB AS, mengatakan resolusi yang diajukan Kuwait kepada Dewan Keamanan adalah sepihak dan tidak menyebutkan Hamas.

Kemudian, Dewan Keamanan menolak usulan AS yang menyerukan penghukuman Hamas atas kekerasan di Gaza.

Resolusi AS ditentang oleh Rusia, Kuwait dan Bolivia sementara 11 negara abstain dari pemungutan suara.

Resolusi AS menyerukan kecaman dari serangan roket 29 Mei dari Gaza terhadap Israel yang merusak infrastruktur sipilnya.

Sejak 30 Maret, setidaknya 118 demonstran Palestina menjadi martir dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel di dekat pagar keamanan Gaza-Israel.

TL/Anadolu

Loading...