Asep Makmur Sosialisasikan Perda Rembug Desa di Lampung Timur

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Anggota DPRD Lampung Asep Makmur melakuan  sosialisasi Perda No 1 Tahun 2016 Tentang Pedoman Rembug Desa dan Kelurahan dalam Pencegahan Konflik, di Desa Sukoharjo, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Minggu (23/05/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yaya Kariyadi, Camat Labuhan Maringgai Indarwati, Kepala Desa Sukorahayu Kasbulah, perwakilan Pokdar Kamtibmas Desa se-Kecamatan Labuhan Maringgai dan masyarakat setempat.

Asep Makmur,  konflik horizontal sebenarnya bisa dicegah jika semua elemen masyarakat memiliki kepedulian terhadap pentingnya kebersamaan.

“Konflik di tengah masyarakat bisa diselesaikan oleh tokoh masyarakat dan elemen masyarakat, selama ada kebersamaan. Untuk mencegah terjadi konflik, Provinsi Lampung sudah memiliki Perda No 1 Tahun 2016 tentang Pedoman Rembuk Desa, perda tersebut dapat menjadi pedoman dalam penyelesaian konflik sosial di tengah masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Serap Aspirasi, Ismet Roni Bagikan Ribuan Bibit Buah di Mesuji dan Tuba

Menurutnya, sosialisasi Perda Rembug Desa penting mengingat Lampung termasuk provinsi yang rawan konflik horizontal.

Politisi Partai Demokrat ini berharap, masyarakat mengetahui Perda tersebut, dan pemangku kepentingan dapat berpedoman dengan Perda tersebut dalam meminimalkan konflik sehingga tidak meluas dan terjadi anarkis.

“Sebelum konflik terjadi atau meluas, ada baiknya para tokoh masyarakat duduk bersama untuk menemukan solusi,” katanya.

  • Bagikan