Beranda Hukum Korupsi Aset Alzier Senilai Rp5 Miliar Dibeli Zainudin Hasan Melalui Agus BN

Aset Alzier Senilai Rp5 Miliar Dibeli Zainudin Hasan Melalui Agus BN

423
BERBAGI
Alzier Dianis Thabranie (tengah) memberikan keterangan sebagai saksi pada sidang di pengadilan tipikor Tanjungkarang, Kamis, 7 Februari 2019 (Foto: Ils | HMS)

TERASLAMPUNG.COM — Pengadilan Tinggi Tipikor Tanjungkarang kembali menggelar sidang kasus dugaan korupsi di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung Selatan, Kamis, 7 Februari 2019. Sidang hari ini dengan agenda mendengarkan keterangan saksi M Alzier Dianis Thabranie,politikus Lampung, terkait penjualan aset berupa tanah.

Dalam kesaksiannya Alzier mengungkapkan bahwa aset miliknya sekitar Rp5 miliar dibeli Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan melalui Agus Bhakti Nugroho (Agus BN).

Mantan Ketua Partai Golkar Lampung itu bersaksi untuk kasus dengan terdakwa mantan anggota DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho dan mantan Kepala Dinas (Kadis) PUPR Lampung Selatan, Anjar Asmara.

“Saya pernah menjual tanah, kolam dan ruko (kepada Zainudin Hasan) melalui Agus BN. Total uang yang saya dapat dari  Zainudin Hasan melalui Agus BN itu kurang lebih Rp5 miliar,” kata Alzier di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Mansyur B.

Menurut Alzier,  aset miliknya itu dijual kepada Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan pada 2017. Antara lain adalah ruko di perempatan Jalan Arif Rahman Hakim Bandarlampung seharga Rp2 miliar.

“Dibayar dua kali oleh (melalui Agus BN,” kata Alzier.

Alzier juga menjual  lahan seluas 2,7 hektare di pinggir pantai Ketapang, Lampung Selatan senilai Rp500 juta kepada Zainudin Hasan.

Menurut Alzier, ia sebelumnya memiliki utang kepada Zainudin Hasan sebesar Rp1 miliar dengan jaminan surat tanah di pinggir pantai Ketapang tersebut.

Aset lain milik Alzier yang dibeli Zainudin Hasan adalah tanah dan kolam di wilayah Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, seluas 5.000 meter persegi. Lahan tersebut dibeli Zainudin Hasan dengan harga Rp500 juta.

Selain itu ada juga lahan yang berada di seberang lahan di Sidomulyo tersebut seluas 2,7 hektare dibeli Zainudin Hasan seharga Rp2 miliar.

TL | ILS | HMS

Loading...