Beranda Ekbis Bisnis Aset PT KAI di Jateng dan DIY Ditawarkan untuk Dikerjasamakan

Aset PT KAI di Jateng dan DIY Ditawarkan untuk Dikerjasamakan

139
BERBAGI
Stasiun Tugu, Yogyakarta (Foto: wikipedia.org)
Stasiun Tugu, Yogyakarta (Foto: wikipedia.org)

TERASLAMPUNG.COM — PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan aset yang potensial tetapi belum termanfaatkan dengan baik kepada para pelaku bisnis, khususnya yang bergerak di bidang properti.

Menurut Corporate Deputy Director of Assets Development PT KAI, Suharjono pemanfaatan aset tersebut diharapkan juga akan meningkatkan pendapatan dari sisi non angkutan yang merupakan bagian dari pendapatan negara.

“Kami sudah menawarkan di Jabodetabek dan sudah ada 13 titik lokasi yang sudah dibangun, rata-rata hunian dan retail, apartemen dan tempat perbelanjaan,” kata Suharjono sela-sela Public Expose PT KAI “Kerja Sama Optimalisasi Aset & Angkutan Barang Wilayah Jateng dan DIY di PO Hotel Semarang, Rabu (14/8).

Pada kesempatan kali ini PT KAI menawarkan aset-aset yang berada di wilayah Jateng dan DIY di mana selama ini dikelola oleh tiga daerah operasi (Daop), yaitu Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto dan Daop 6 Yogyakarta. Sedangkan untuk Jawa Tengah terutama di wilayah Daop 4 Semarang fokus pada Stasiun Semarang Poncol dan Tawang di mana merupakan bagian dari penataan Kota Lama.

“Kami mempunyai aset di sisi timur yang saat ini belum termanfaatkan dengan baik, lebih kurang 11 hektare di mana di antaranya tergenang air. Kami menawarkan kepada mitra, sea way untuk kontainer di mana sudah didukung jalur KA dari Stasiun Semarang Tawang ke Pelabuhan Tanjung Emas,” tuturnya.

Pihak PT KAI membuka seluas-luasnya kepada mitra yang akan mengajak kerja sama dalam bentuk apapun, apakah itu hunian, apartemen, mall atau tempat wisata. Untuk di Jakarta, bentuk kerja sama rata-rata dalam bentuk pembangunan hunian vertikal dan komersial area di atas stasiun kereta api.

“Untuk di Jawa Tengah, contohnya di Wonosobo kami mempunyai aset dan bangunan yang bisa dijadikan resort,” tambah Suharjono.

Penawaran kepada rekan bisnis, selama ini khusus untuk properti, di mana lahan-lahan yang kurang produktif dioptimalkan kami tawarkan pengembangan properti atau yang lain. Lahan yang ditawarkan adalah statusnya yang sudah Clean and Clear di mana di seluruh Indonesia mencapai 125.712.997 meter persegi atau baru sekitar 28 persen dari keseluruhan aset PT KAI.

Suara Merdeka

Loading...