Beranda Olahraga Asian Games ASIAN GAMES 2014: Atlet Malaysia Terbukti Doping, Medali Emas Jadi Milik...

ASIAN GAMES 2014: Atlet Malaysia Terbukti Doping, Medali Emas Jadi Milik Atlet Wushu Indonesia

608
BERBAGI
Tai Cheu Xuen (tengah). Foto: dok reuters
INCHEON, Teraslampung.com–Skandal doping yang menerpa atlet wushu peraih emas Asian Games 2014 asal Malaysia, Tai Cheu Xuen,menjadi berkah bagi atlet wushu Indonesia. Niza Wasni, atlet wushu Indonesia yang pada laga 20 September 2014 lalu kalah atas Xuen,kini meraih medali emas.

Panitia Asian Games di Korea Selatan memutuskan mencabut medali emas yang diraih atlet wushu Malaysia, Tai Cheau Xuen lantaran Xuen terbukti doping. Atlet berusia 23 tahun, menurut The Straits Times, Selasa 30 September 2014, dinyatakan terbukti mengonsumsi Sibutramine.

Medali perak yang semula diraih Wasni berpindah tangan ke atlet wushu  China, Wei Hong. Wei Hong sebelumnya meraih medali perunggu. Sementara perunggu yang semula diraih Hong diberikan untuk atlet Indonesia,Ivana Ardelia Irmanto. Ivana sebelumnya berada pada peringkat ke empat kejuaraan wushu pada pesta olahraga se-Asia itu..

Selain Xuen, dua petenis Kamboja, Yi Sophany, dan pesepakbola dari Tajikistan, Khurshed Beknazarov, juga dinyatakan positif doping. Mereka didrop sebagai peraih medali atau dikeluarkan dari tim negaranya.

Dewira

Loading...