Beranda Teras Berita Astar Lubis dan Robian Ditangkap Saat Transaksi Narkoba di Jl. Malayahati Telukbetung

Astar Lubis dan Robian Ditangkap Saat Transaksi Narkoba di Jl. Malayahati Telukbetung

172
BERBAGI

M.Zaenal/Teraslampung.com

Astar Lubis dan Robian saat diperiksa polisi (teraslampung)

Bandarlampung—Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandarlampung meringkus dua pengedar narkoba jenis sabu-sabu dan ganja, Senin petang, ditangkap saat sedang transaksi di Jalan Laksamana Malahayati Kelurahan Talang, Senin (7/4) sekitar pukul 17.00 WIB.

Mereka adalah Astar Lubis(34) Warga Jalan Laksamana Malahayati Kelurahan Talang, Telukbetung Selatan Bandarlampung, dan tersangka Robian (39) Warga Jalan Nakip Kelurahan Kota Baru, Tanjungkarang Timur Bandar Lampung.

Kasat narkoba Polresta Bandarlampung, Kompol Sunaryoto mengatakan, Penangkapan keduanya setelah petugas mendapat informasi dari masyarakat sekitar tentang seringkali adanya transaksi narkoba dirumah salah satu tersangka Astari Lubis

“Penangkapan keduanya karena petugas menerima informasi dari masyarakat sekitar. kemudian langsung dilakukan penyelidikan dirumah yang dimaksud. Hasilnya, didapati dua orang lelaki yang mencurigakan dan keduanya sedang bertransaksi, petugas kemudian melakukan penangkapan. Saat digeledah, banyak ditemukan barang bukti seperti daun ganja kering dan sabu-sabu dikamarnya,” kata Sunaryoto,di ruang kerjanya,Selasa (8/4).

Barang bukti yang diamankan, kata Sunaryoto,antara lain sebuah timbangan warna merah, dua paket kecil daun ganja kering siap pakai, satu bungkus sabu-sabu, dua plastik klip bekas bungkus sabu-sabu, serta satu bungkus besar plastik berisikan daun ganja kering.

“Semua barang bukti tersebut, di temukan di dalam kamar tidur tersangka Astar Lubis. untuk memudahkan pemeriksaan kedua tersangka ditahan berikut barang buktinya. kini kasusnya sedang dikembangkan,” kata dia.

Sunaryoto menjelaskan, tersangka Astar Lubis mendapatkan daun ganja dengan cara membeli dari seseorang temannya yang bernama BY kini buron (DPO), sedangkan untuk sabu-sabu di dapat dari tersangka Robian. Menurut keterangan Robian, barang haram tersebut diperoleh dengan cara membeli dari temannya EM (DPO) di daerah Telukbetung Selatan Bandarlampung.

Berdasarkan keterangan Robian petugas melakukan pengejaran tersangka EM dan BY, Namun keduannya sudah tidak ada ditempat, keduanya kini masuk dalam target pencarian orang (DPO).

“Tersangka Robian ini, pernah terjerat hukum dengan kasus yang sama pada tahun 2008, dengan kasus tindak pidana narkoba dan mendekam selama 6 tahun penjara di lapas Way Huwi Bandar Lampung,” jelas dia.

Mantan Kapolsek Bukit Kemuning menambahkan, perbuatan kedua tersangka akan dijjerat dengan pasal tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum membeli, menerima, memiliki, menyimpan,menguasai atau menyediakan narkoba jenis daun ganja kering dan sabu-sabu.

“Untuk pasalnya, yakni pasal 114 ayat (1) sub pasal 112 ayat (1) dan pasal 111 ayat (1) UU No. 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 12 tahun penjara,”paparnya.

Loading...