Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Atasi Banjir, Sungai Way Umban Mulai Dibersihkan

Atasi Banjir, Sungai Way Umban Mulai Dibersihkan

37
BERBAGI
Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara saat meninjau pembersihan Sungai Way Umban. Jumat (28/11).

Feaby/Teraslampung.com

KOTABUMI– Bupati Agung Ilmu Mangkunegara meninjau langsung normalisasi Way (Sungai) Umban  di Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampura, Jumat (29/11).

Normalisasi Way Umban yang menggunakan satu unit alat berat ini sengaja dilakukan lantaran daerah sepanjang bantaran Way Umban, khususnya pada RT/RW I, Kelurahan Tanjung Aman selalu menjadi daerah langganan banjir saat musim hujan tiba.

“Normalisasi sungai ini agar bencana banjir tidak lagi terjadi di daerah ini (Way Umban,red),” tutur Agung disela – sela peninjauan.

Bupati termuda di Provinsi Lampung ini juga menuturkan bahwa normalisasi atau pembersihan sungai akan dilakukan pada sejumlah titik – titik yang kerap menjadi langganan banjir saat musim hujan turun.

Berbagai titik yang dianggap rawan bencana banjir diantaranya daerah Tanah Rendah, Sribasuki, Kota alam, dan Kotabumi Udik.

“Kita akan terus melakukan normalisasi terhadap titik – titik yang kita anggap rawan bencana banjir,” ujarnya seraya akan kembali menambah satu unit alat berat untuk mempercepat normalisasi sungai.

Selain melakukan normalisasi sungai sebagai langkah antisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir, pihaknya juga telah mengajukan bantuan pembuatan tanggul-tanggul kepada pemerintah pusat.

“Kita juga telah melakukan penanaman pepohonan didaerah hulu sungai,” ujarnya.

Tentang  kesiapan pihaknya mengantisipasi kemungkinan terulangnya bencana banjir bandang yang merendam ribuan rumah warga seperti tahun lalu, putra mantan Bupati Way kanan itu mengaku seluruh peralatan yang dibutuhkan telah dipersiapkan berikut para personilnya.

“Semua peralatan sudah dipersiapkan seperti perahun karet dan sebagainya. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga selalu stand by (siap siaga) selama 24 jam,” kata suami Endah Kartika Prajawati ini.

Di tempat yang sama, Raden Ajeng (65), warga yang kediamannya persis berada di pinggiran bantaran Way Umban mengatakan bahwa sebelum kepemimpinan Bupati Agung, normalisasi sungai di daerahnya belum pernah dilakukan. Sebab itu, dirinya dan para mengaku sangat senang dan merasa
sangat terbantu program tersebut.

“Kami sangat berterima kasih sekali dengan pak Bupati karena sangat peduli dan peka atas keluhan warganya. Sepanjang hidup saya, baru kali ini sungai di sini
dibersihkan,” katanya.